Analisa dampak penggunaan Customer Relationship Management pada E-commerce Buka Lapak

REYKI, SEPRIANZA and Ria, Andryani (2020) Analisa dampak penggunaan Customer Relationship Management pada E-commerce Buka Lapak. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAF. PUSTAKA.pdf

Download (95kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi internet dalam bisnis merupakan salah satu cara yang inovatif bagi suatu perusahaan untuk memasuki pasar dalam dunia maya, dengan kata lain disebut electronic commerce (e-commerce), Bukalapak adalah toko online yang berperan sebagai situs layanan jual beli online dengan model bisnis consumer to consumer (C2C), Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen ke konsumen di mana pun. Di sini peneliti akan melihat dampak dari Customer Relationship Management (CRM). Dilihat dari variabel (X1) information quality, (X2) customer service efficency, (X3) promotion dan (X4) ease of navigation. Responden dari penelitian ini adalah 100 responden, berusia 15 – 35 tahun yang berperan sebagai penjual maupul pembeli di aplikasi bukalapak Berdasarkan hasil uji reliabilitas untuk hasil dari keseluruhan variabel dapat diketahui untuk variabel mendapatkan nilai Cronbach’s Alpha sebagai berikut X1 0,911, X2 0,878, X3 0,910, X4 0,759, dan Y 0,718 yang artinya semua nilai Cronbach’s Alpha > 0,6. menyatakan bahwa semua pertanyaan kuisioner dalam penelitian ini dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil uji multikolineritas, hasil dari keseluruhan variabel X1, X2, X3 dan X4 terhadap Y, variabel bebas tersebut mendapatkan nilai tolerance 0,381, 0,297, 0,276, dan 0,425 dan nilai VIF (Variance Inflation Factor) sebesar 2,623, 3,371, 3,628, dan 2,353. Karena nilai tolerance > 0,10 dan nilai VIF (Variance Inflation Factor) > 10, Maka dapat disimpulkan bahwa model regresi tidak mengandung multikolinieritas. Secara keseluruhan peneliti mendapatkan hasil bahwa (X1), (X2), (X3) dan (X4) mempengaruhi Kepuasan (Y) Dari hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menduga faktor Customer Relationship Management (CRM) memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bukalapak.com terbukti kebenarannya karena variabel Customer Relationship Management (CRM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), E-commerce
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2020 02:27
Last Modified: 05 Jun 2020 02:27
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1032

Actions (login required)

View Item View Item