FADHIL, AHMAD and R.M. Nasrul, Halim (2020) PERANGKAT LUNAK SELEKSI PENERIMAAN GURU MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING SMP QURANIAH PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.
Text
BAB 0.pdf Download (576kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (190kB) |
|
Text
DAF. PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
Abstract
Yayansan Quraniah adalah sebuah instansi pendidikan yang terdiri dari SD, SMP dan SMA. Salah satu-nya adalah SMP Quraniah 1 yang berlokasi di kota Palembang pada jalan Segaran 15 ilir. Banyak aktivitas di sekolah ini yang masih menggunkan metode yang konvensional atau manual. Contoh-nya seperti penerimaan guru baru, yang dapat memakan waktu yang lama. Dari permasalahan ini ditemukan sebuah solusi, guna untuk memudahkan proses penerimaan guru baru, yaitu dengan merancang dan membangun sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak penentuan penerimaan guru pada umumnya mengimplementasikan sebuah DSS (Decision Support System) dalam arsitektur nya. Salah satu contoh DSS yang sering digunakan adalah metode SAW (Simple Additive Weighting). Pada metode ini, akan ditentukan beberapa kriteria yang akan menjadi faktor penting dalam penerimaan guru, setelah ditentukan kemudian akan diberikan bobot. Pada kasus ini yang jadikan kriteria adalah: Pendidikan, pengalaman, usia, hasil dari tes wawancara dan hasil tes lisan. Setelah kriteria dan bobot masing – masing telah dintentukan, kemudian akan dilakukan perhitungan untuk mencari alternatif yang paling sesuai untuk diterima sebagai guru di SMP Quraniah. Dengan dibangun-nya aplikasi ini, diharapkan untuk membantu sekoalh tersebut untuk menentukan kandidat mana yang paling cocok.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pendukung keputusan, metode SAW, DSS |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Depositing User: | Users 4 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 07:34 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 07:34 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1095 |
Actions (login required)
View Item |