TINJAUAN  PEKERJAAN ERECTION PRECAST CONCRETE "I" (PC‐I) GIRDER  PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OGAN TOL  KAYU AGUNG PALEMBANG BETUNG

YAN, HARYANTO (2021) TINJAUAN  PEKERJAAN ERECTION PRECAST CONCRETE "I" (PC‐I) GIRDER  PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OGAN TOL  KAYU AGUNG PALEMBANG BETUNG. LAPORAN KERJA PRAKTIK TINJAUAN  PEKERJAAN ERECTION PRECAST CONCRETE "I" (PC‐I) GIRDER  PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OGAN TOL  KAYU AGUNG PALEMBANG BETUNG.

[img] Text
1616569159572_Kerja Praktek Lapangan _ Yan Haryanto-161710013 OK.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id/

Abstract

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Jalan merupakan prasarana transportasi yang menghubungkan satu tempat tertentu dengan yang lain dalam suatu sistem jaringan jalan. Jalan tol merupakan jalanumum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasional. Fungsinya adalah sebagai jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat jarak dari satu tempat ke tempat lain. Pembangunan jalan tol akan berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi antar wilayah yang dihubungkan oleh jalan tol tersebut. Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, maka harus diimbangi dengan sarana transportasi yang memadai agar perpindahan dari daerah asal ke daerah tujuan menjadi lebih cepat. Ada beberapa pembangunan di Palembang yang sedang dibangun pada saat ini, salah satunya adalah Pembangunan jembatan ogan tol Kayu Agung Palembang Betung yang disingkat "KAPALBETUNG". Jalan tol kapalbetung sendiri merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera yang rencananya akan menghubungkan kota-kota besar diseluruh pulau sumatera. Pembangunan jembatan ini dilaksanakan dalam III seksi dan kami melaksanakan kerja praktek di seksi II Jembatan ogan tol kapal betung merupakan penghubung jalan tol antara desa harapan dan desa rasau dan merupakan jalan alternatif bagi kendaraan beroda empat atau lebih dengan sistem berbayar Jalan tol berfungsi sebagai jalan bebas hambatan yang memberikan keuntungan dan kenyamanan lebih banyak dibandingkan jalan umum bukan tol. Pengguna jalan tol dapat mengatasi kemacetan lalu lintas, mempersingkat jarak serta waktu tempuh perjalanan ke tempat tujuan. Penulis disini melakukan kerja praktek lebih kurang 1 bulan yaitu di mulai dari awal bulan November sampai awal bulan Desember. Pada saat kami melakukan kerja praktek disana progress pekerjaan nya masih sekitar 58%, dan selama kami melakukan peninjauan disana ada beberapa pekerjaan yang dilakukan yaitu pekerjaan Erection Precast Concrete "I" Girder. Pada saat kami melakukan kerja praktek kami membahas tentang Erection Precast Concrete "I" Girder setelah kami selesai kerja praktek progress pekerjaannya sudah mencapai 66%, dan Pemilik Proyek adalah PT. Sriwijaya Makmore Persada dengan nilai kontrak (Awal)Rp.873.653.285.940.63. (exc. PPN 10%) dan (Add II) Rp. 1.257.342.650.000,00 (exc. PPN 10%). Proyek jembatan ogan tol kapal betung ini di perkirakan selesai dalam waktu 3 tahun yaitu di mulai dari tahun 2016 s/d 2019 atau 1020 hari kalender dan masa pemeliharaan 1095 hari kalender. Jembatan ogan tol kapal betung ini memiliki panjang 1589,90 Meter dengan lebar jalur 2 x 11,7 m dan memiliki 2 jalur untuk 2 arah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PKL, PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS BINA DARMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:46
Last Modified: 15 Jun 2021 04:46
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item