BARADI ADZAN, ZARDI (2021) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN TELLER BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN. ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN TELLER BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN.
Text
Baradi Adzan Zardi-161730072- BERES.docx Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK Antrian adalah salah satu kegiatan yang sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Suatu proses antrian dimulai dengan kedatangan pelanggan ke lokasi, kemudian pelanggan akan antri menunggu waktu pelayanan tiba, Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu nasabah menghabiskan waktu di dalam antrian dan sistem. Objek penelitian ini di bank BNI Persero KM-12 Suka Jadi Palembang. Metode yang di gunakan metode antrian, M/M/S Multi Channel – Single Phase (Sistem satu tahap) dengan menarapkan pola kedatangan nasabah berdistribusin poisson, jumla teller yang optimal dalam memberikan pelayanan nasabah dengan penabahan 1 teller menjadi 5, semula hanya berjumlah 4 teller, Bedasarkan hasil analisa dalam penelitian ini di ketehui waktu tunggu antrian yang semula 8 menit 1 detik menjadi 2 menit 17 detik .Rata-rat waktu yang dihabiskan nasabah dalam sistem dari 14 menit 3detik menjadi 8 menit 1 detik , dalam hal ini dengan menambah 1 teller mengalami pengurangan waktu mengantri dan dalam sistem yang signifikan. Kata kunci : Pelayanan Nasaba, Metode Antrian, Multi Channel – Single Phase, bank BNI Persero KM-12 Suka Jadi Palembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan Kerja Praktek, PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS BINA DARMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Users 3 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 01:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 01:49 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1485 |
Actions (login required)
View Item |