BARADI ADZAN, ZARDI (2021) ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN TELLER BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN. ANALISIS SISTEM ANTRIAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN TELLER BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANTRIAN.
![]() |
Text
Baradi Adzan Zardi-161730072- BERES.docx Download (27MB) |
Abstract
ABSTRAK Antrian adalah salah satu kegiatan yang sering terjadi dalam kegiatan sehari-hari. Suatu proses antrian dimulai dengan kedatangan pelanggan ke lokasi, kemudian pelanggan akan antri menunggu waktu pelayanan tiba, Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jumlah rata-rata waktu nasabah menghabiskan waktu di dalam antrian dan sistem. Objek penelitian ini di bank BNI Persero KM-12 Suka Jadi Palembang. Metode yang di gunakan metode antrian, M/M/S Multi Channel – Single Phase (Sistem satu tahap) dengan menarapkan pola kedatangan nasabah berdistribusin poisson, jumla teller yang optimal dalam memberikan pelayanan nasabah dengan penabahan 1 teller menjadi 5, semula hanya berjumlah 4 teller, Bedasarkan hasil analisa dalam penelitian ini di ketehui waktu tunggu antrian yang semula 8 menit 1 detik menjadi 2 menit 17 detik .Rata-rat waktu yang dihabiskan nasabah dalam sistem dari 14 menit 3detik menjadi 8 menit 1 detik , dalam hal ini dengan menambah 1 teller mengalami pengurangan waktu mengantri dan dalam sistem yang signifikan. Kata kunci : Pelayanan Nasaba, Metode Antrian, Multi Channel – Single Phase, bank BNI Persero KM-12 Suka Jadi Palembang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laporan Kerja Praktek, PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS BINA DARMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Users 3 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 01:49 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 01:49 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |