UPAYA PEMASARAN PUPUK ORGANIK DAN RACUN TANAMAN BERBASIS MEDIA SOSIAL

IRVAN PRATAMA, SYAIFULLAH (2021) UPAYA PEMASARAN PUPUK ORGANIK DAN RACUN TANAMAN BERBASIS MEDIA SOSIAL. UPAYA PEMASARAN PUPUK ORGANIK DAN RACUN TANAMAN BERBASIS MEDIA SOSIAL.

[img] Text
LAPORAN IRVAN PRATAMA SYAIFULLAH.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id/

Abstract

1.1. Latar Belakang BAB 1 PENDAHULUAN Rendahnya pengetahuan masyarakat di daerah pelosok dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat salah satunya media sosial.Banyak toko yang ada di daerah tertentu yang jauh dari keramaian (terpencil) mengakibatkan banyak masyarakat yang berwirausaha di daerah tersebut mengeluh akibat pengahasilan yang kurang sepadan dengan pengeluaran. Hal ini disebabkan karena masyarakat tidak mengetahui keberadaan toko tersebut dan produk apa yang dijual, dengan kata lain kurangnya akses informasi dari penjual tersebut ke masyarakat yang ada di kota. Program kegiatan ini bertujuan mengembangkan kreativitas penjual untuk memasarkan dagangannya ke masyarakat melalui media online, sehingga masyarakat bisa tahu dan dengan mudah untuk melakukan pemesanan produk barang tersebut tanpa harus datang langsung ke toko. Hal ini memungkinkan agar pendapatan mereka meningkat. Menurut Rangkuti (2010), Tujuan pemasaran adalah untuk memahami keinginan dan kebutuhan pembeli agar produk atau jasa sesuai bagi pembeli sehingga produk atau jasa tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Untuk itu saya berkeinginan menciptakan peluang.Menurut Parining N (2016), Peluang adalah analisa peluang yang ada pada saat ini dan masa yang akan datang.Peluang-peluang yang bisa di jadikan target untuk memajukan perusahaan,menambah profit,memperluas jaringan atau menambah produk. dapat membantu meningkatkan penjualan toko dengan cara memperkenalkan serta memasarkan secara online seperti melalui facebook ,instagram dan aplikasi belanja lainnya. Menurut Suryani, I (2014), Sejumlah perusahaan yang cerdas, tidak hanya memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran, tetapi sudah menjadi pendukung aktivitas bisnis, mempermudah dan memperkuat fungsi komunikasi kepada publik. Cara tersebut lebih efektif di bandingkan hanya menunggu 2 pembeli di satu tempat saja, dengan ini akses penjualan mereka menjadi semakin luas. Selain itu juga dengan menyuplai barang ke agen-agen yang ada di kota. Produk yang akan dibantu untuk dijual adalah pupuk organik dan juga racun tanaman. Sebagaimana kita ketahui bahwa pupuk sangat berguna untuk memaksimalkan proses pertumbuhan tanaman di kebun atau pekarangan rumah. Di sini, pupuk berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanah yang digunakan sebagai media tanam, Dengan begitu, tanaman dapat tumbuh subur dalam kurun waktu yang relatif singkat. Pupuk banyak diminati oleh masyarakat jika telah diolah dengan tampilan yang kering, kemasan yang menarik, tidak bau, daya tahan atau penyimpanan lama dan berkualitas. Selanjutnya racun tanaman berguna untuk membasmi rumput liar tanpa perlu alat pemotong. Untuk itu itu prospek usaha kedua produk ini menjadi sebuah program untuk dikembangkan dengan memperkenalkan pupuk organik dan racun tanaman, melalui media online. Dengan tingginya tingkat penggunaan media online di kalangan masyarakat memungkinkan kedua produk tersebut dapat dilihat dan dikenal luas oleh masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PKM, UNIVERSITAS BINA DARMA, TEKNIK INDUSTRI
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 01:51
Last Modified: 02 Aug 2021 01:51
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item