PENGARUH PERSEPSI PENGUSAHA UMKM, TINGKAT PENDIDIKAN, UMUR USAHA, SERTA SOSIALISASI DAN PELATIHAN TERHADAP PENERAPAN SAK-EMKM PADA UMKM DI KOTA PAGARALAM

Hamida, Yolanda (2022) PENGARUH PERSEPSI PENGUSAHA UMKM, TINGKAT PENDIDIKAN, UMUR USAHA, SERTA SOSIALISASI DAN PELATIHAN TERHADAP PENERAPAN SAK-EMKM PADA UMKM DI KOTA PAGARALAM. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
Bab 0.pdf

Download (888kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (436kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text (BAB 2)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text (BAB 5)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tantangan terbesar bagi UMKM merupakan pengelolaan keuangan yang efektif untuk dapat menjalankan organisasi serta aktivitas ekspansi dalam pertimbangan persaingan global. Salah satu masalah yang dihadapi UMKM salah satunya tentang penyusunan laporan keuangan, karena pelaku UMKM masih merasa kesulitan akibat kurangnya pemahaman terkait pembukuan dan pemahaman akuntansi serta standar yang berlaku. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh dari persepsi pengusaha UMKM.tingkat pendidikan, umur usaha, serta sosialisasi dan pelatihan terhadap penerapan SAK-EMKM. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dan ukuran sampel diukur degan rumus slovin. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi pelaku usaha dan umur usaha berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan tingkat pendidikan, umur usaha, serta sosialisasi dan pelatihan terhadap penerapan SAK-EMKM. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, dan ukuran sampel diukur degan rumus slovin. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi pelaku usaha dan umur usaha berpengaruh positif signifikan terhadap penerapan SAK-EMKM sedangkan tingkat pendidikan serta sosialisasi dan pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap penerapan SAK�EMKM. Kata kunci : Persepsi pelaku usaha, tingkat pendidikan, umur usaha, serta sosialisasi dan pelatihan, SAK-EMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: dio DIO hamanrora
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:36
Last Modified: 08 Nov 2022 03:36
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item