DAMPAK CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIATING PADA PERUSAHAAN SEMEN

SADEK, IMAM MUHAMMAD (2022) DAMPAK CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIATING PADA PERUSAHAAN SEMEN. Masters thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan Dampak Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediating Pada Perusahaan Semen baik secara langsung Maupun secara tidak langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan tetap PT Semen Baturaja yang berjumlah 296 orang. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan simple random sampling. Perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan perhitungan ukuran sampel yang didasarkan atas kesalahan 10%, Maka dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 orang sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan melalui program Partial Least Square (PLS) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Citra Merek (X1) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y). hasil nilai P-Value adalah 0,000 ≤ 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen. Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen (Y). hasil nilai P-Value adalah 0,000 ≤ 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen. Citra Merek (X1) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan (Z). hasil nilai P-Value adalah 0,032 ≤ 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Kepuasan Konsumen (X1) terhadap Loyalitas Pelanggan. Kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Pelanggan (Z). hasil nilai P-Value adalah 0,000 ≤ 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan Pelanggan. Kepuasan Konsumen (Y) berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Pelanggan (Z). hasil nilai P-Value adalah 0,000 ≤ 0,05, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan.Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan memiliki pengaruh yang tidak langsung dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi atau variabel perantara dibuktikan dengan melihat nilai P-Value adalah 0,000≤ 0,05. Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan memiliki pengaruh yang tidak langsung dengan Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi atau variabel perantara dibuktikan dengan melihat nilai P-Value adalah 0,003≤ 0,05. Nilai R2 untuk variabel laten Kepuasan Konsumen sebagai variabel mediasi sebesar 0,645, yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi Kepuasan Konsumen Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel laten eksogen (Citra Merek dan Kepercayaan) sebesar 64,5% sedangkan sisanya sebesar 35,5% dijelaskan oleh variabel lain. Nilai R2 untuk variabel laten Loyalitas Pelanggan sebesar 0,800, yang artinya nilai tersebut mengidentifikasi bahwa variasi Loyalitas Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel eksogen sebesar 80% sedangkan sisanya sebesar 20% dijelaskan oleh variabel yang tidak terdapat dalam penelitian.. Dari model yang dibangun pada penelitian ini, , maka dapat disarankan Bagi Pimpinan Pada Perusahaan Semen PT Semen Baturaja Tbk agar dapat lebih meningkatkan Citra Merek dan Kepercayaan serta Loyalitas Pelanggan yang sudah terlaksana saat ini, hal ini perlu diperbaiki dan dilakukan dalam upaya meningkatkan Citra Merek dan Kepercayaan serta Kepuasan Konsumen secara optimal. Bagi peneliti lain, diharapkan peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian ini dalam rangka mengetahui dampak lainnya karena penelitian ini masih terbatas padapenciptaan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan melalui citra merek dan kualitas produk, tidak sampai pada pemecahan masalah tentang bagaimana dampaknya pada konsumen yang tidak loyal terhadap perusahaan. Kata kunci : Citra Merek, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: dio DIO hamanrora
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:28
Last Modified: 09 Nov 2022 08:28
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/6866

Actions (login required)

View Item View Item