PERANCANGAN BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Octavianti, Vidya (2022) PERANCANGAN BAHAN AJAR TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (Bab 0)
Bab 0.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (855kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Dunia pendidikan saat terkena imbas dari bencana covid 19, ditengah status kedaruratan kesehatan sementara waktu proses belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka, semua sistem pembelajaran ini dilakukan secara daring, Proses pembelajaran melibatkan berbagai pihak, tidak hanya melibatkan guru dan siswa. Namun, peran bahan ajar juga sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. bahan ajar ialah materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang dipakai dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Didalam penyajian materi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) guru masih mendiktekan pelajaran di kelas sementara siswa disuruh untuk mencatat di buku catatan. Hal ini sangat menghabiskan waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk kegiatan diskusi guna menambah pengetahuan siswa. Di dalam mata pelajara TIK juga sering diselenggarakan di laboratorium komputer, dimana pembelajaran TIK dalam laboratorium komputer guru masih menggunakan buku pedoman untuk memberikan panduan kepada siswa ketika praktek di laboratorium komputer. Hal ini dapat menghambat dan memiliki keterbatasan dalam proses penyampaian ilmu pengetahuan yang berkembang cepat, Model pembelajaran Contextual Teaching and Learnig (CTL) salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model CTL ini berpusat pada siswa mampu menanamkan kebiasaan pemecahan masalah, berpikir kritis, kreatif, serta mandiri. Menggali kemampuan siswa termasuk di SMP Patra Mandiri 2 Palembang yang merupakan salah satu satuan Pendidikan dengan jenjang SMP di Komperta, Kec. Plaju, Kota Palembang. Proses belajar mengajar yang ada pada SMP Patra Mandiri 2 Palembang saat ini masih menggunakan WhatsApp dalam proses pembelajaran online, dimana guru memberikan materi dan tugas melalui foto yang berisi materi tugas yang telah dikirim guru, lalu siswa akan mengirim kembali foto tugas yang telah dikerjakan. Hal ini akan memakan banyak waktu karena guru harus mengecek satu persatu dari foto tersebut, jika sudah banyak yang mengirim foto maka akan memakan banyak ruang memori penyimpanan serta memakan waktu yang cukup lama untuk penilaian. Dari viii permasalahan tersebut maka diperlukan suatu teknologi untuk mempermudah guru dan siswa dalam melalukan proses belajar mengajar. Pada penelitian ini dirancang sebuah website bahan ajar secara online yang terbagi menjadi tiga pengguna yaitu Admin sebagai TU yang mengentry guru dan siswa. Guru dapat melakukan upload materi, upload tugas upload kuis, dapat melihat hasil tugas murid, serta dapat menjawab tanya jawab siswa dan dapat memberikan penilaian. Murid dapat mendownload materi, upload tugas, mengerjakan kuis, tanya jawab serta melihat penilaian. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan bahan ajar teknologi informasi komunikasi berbasis contextual teaching and learning yang dapat dijadikan sebagai sarana belajar mengajar bagi guru dan siswa. Kata Kunci : Bahan Ajar, Teknologi Informasi Komunikasi, Contextual Teaching and Learning, Website, SMP Patra Mandiri 2 Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Irfan Irfan
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:56
Last Modified: 16 Nov 2022 04:56
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item