PENERAPAN DATA MINING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN DATA NILAI PADA SMA YKPP PENDOPO UNTUK MENENTUKAN JURUSAN IPA DAN IPS

WIRA, KOKOH ANDRIYAN (2022) PENERAPAN DATA MINING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DALAM PENGELOMPOKAN DATA NILAI PADA SMA YKPP PENDOPO UNTUK MENENTUKAN JURUSAN IPA DAN IPS. Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (turnitin)
67956-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (bab 1)
67956-6.pdf

Download (351kB)
[img] Text (daftar pustaka)
67956-10.pdf

Download (558kB)
[img] Text (bab 0)
67956-11.pdf

Download (1MB)
[img] Text (skripsi)
67956-18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (jurnal)
67956-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text (lampiran)
67956-20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didalam bidang pendidikan, teknologi sangat berperan penting mendukung sistem pembelajaran pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah siswa yang akan masuk dikelas IPA dan kelas IPS sesuai dengan penjurusaannya agar dapat menggembangkan potensi diri dan meningkatkan nilai akademik siswa, dengan itu penulis membutuhkan data nilai siswa/siswi pada SMA YKPP PENDOPO dan diharapkan dapat membantu mengambil keputusan dengan menerapkan metode kmeans clustering. algortima k-means ialah dengan membagi data kemudian mengelompokannya kedalam beberapa cluster yang memiliki karakteristik data dan membagi setiap cluster berdasarkan perbedaan karakter antar cluster. Clustering adalah proses dimana mengelompokan dan membagi menjadi beberapa data set hingga membentuk pola yang serupa dan dikelompokan pada cluster yang sama. Hasil dari pengujian di lakukan dalam penerapan data mining dengan metode kmeans clustering dalam pengelompokan data nilai siswa untuk penjurusan ipa dan ips, dapat disimpulkan bahwa k-means dapat digunakan untuk mengelompokan penentuan jurusan dengan hasil yang optimal dan tidak memakan waktu yang lama. pengujian juga menggunakan tools Rapid Miner dan menggunakan data skunder, dimana data ini berisi nilai-nilai raport pada saat pendaftaran. Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa, di antara 58 siswa yang terdaftar di SMA YKPP Pendopo, ada 19 siswa yang terdaftar di kelas IPS 1 di Cluster 0, 11 siswa yang terdaftar di kelas IPA 1 di Cluster 1, 15 siswa yang terdaftar di kelas IPS 2 di Cluster 2, dan 13 siswa yang terdaftar di kelas IPA 2 di Cluster 3. Kata Kunci : Data, K-Means, Clustering, Rapidminer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mr Surya
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:01
Last Modified: 03 Jul 2023 02:01
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7312

Actions (login required)

View Item View Item