WIJAYA, KENDI (2023) PENGARUH PENAMBAHAN SIKACIM PADA CAMPURAN BETON POROUS TERHADAP KUAT TEKAN. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.
Text (BAB 0)
bab0.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
bab1.pdf Download (265kB) |
|
Text (PENGARUH PENAMBAHAN SIKACIM PADA CAMPURAN BETON POROUS TERHADAP KUAT TEKAN)
skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Download (368kB) |
|
Text (JURNAL)
jurnal&loa.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) |
Abstract
Beton merupakan suatu bahan kontruksi yang banyak digunakan pada pekerjaan struktur bangunan diindonesia karena banyak keuntung yang diberikan, antara lain bahan pembentukannya yang relatif mudah diperoleh mudah dibentuk, mampu memikul beban yang berat, relatif tahan terhadap temperatur yang tinggi, serta biaya pemeliharaan yang kecil di banding umur pemakaiannya. Disamping keuntungan tersebut diatas, beton memiliki salah satu kelemahan yaitu berat jenisnya yang cukup tinggi sehingga beban mati struktur lebih menjadi sangat besar. Penggunaan beton porous saat ini belum banyak diterapkan dikarenakan pada umunya sebagian besar orang menggunakan paving block sebagai bahan penutup halaman. Paving block (bata beton) adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu bata beton itu (SNI 03-0691-1996). Ditinjau dari segi kemampuan penyerapan, pada paving block air yang jatuh ke perkerasan akan merembes melalui celah-celah antar pori yang terbentuk. Dari segi pemasangan penggunaan beton porous memiliki keunggulan yaitu lebih mudah untuk diaplikasikan dan waktu pemasangan yang lebih cepat. Untuk pemasangan paving block membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan perlu dilakukan penyusunan sedemikian rupa agar pasangan paving block tidak terlepas antar satu dengan yang lainnya. Sedangkan pemasangan beton porous dilakukan dengan menuangkan adukan pada cetakan atau area lahan yang akan dibeton. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui proporsi campuran yang menghasilkan beton porous dengan nilai kuat tekan tinggi dan angka porositas besar. Mengetahui apakah campuran beton porous dapat diaplikasikan di jalan raya. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan penelitian komposisi sikacim concrete additif di atas 0,5%, 0,7%, dan 0,9% tetapi tidak melebihi 1% dari berat semen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 02:12 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 02:12 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7439 |
Actions (login required)
View Item |