Wijaya, Satrio (2023) PENERAPAN UI/UX E-INVENTORY PADA RETAIL PAYMENT AND MERCHANT RELATIONSHIP DEPARTMENT BRI REGIONAL OFFICE PALEMBANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
Text (BAB 0)
BAB 0 WM.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1 WM.pdf Download (292kB) |
|
Text (PENERAPAN UI/UX E-INVENTORY PADA RETAIL PAYMENT AND MERCHANT RELATIONSHIP DEPARTMENT BRI REGIONAL OFFICE PALEMBANG)
LP WM.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS WM.pdf Download (292kB) |
|
Text (ARTIKEL JURNAL)
ARTIKEL WM.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Retail Payment and Merchant Relationship Department (Departemen RPMR) merupakan bagian penting dalam struktur organisasi BRI Regional Office Palembang yang salah satu tugasnya adalah menjalin hubungan kerja sama antara BRI dengan merchant dalam transaksi bisnis retail. Dalam menjalankan tugasnya, Departemen RPMR selalu menyiapkan merchandise/souvenir untuk diberikan kepada merchant. Namun saat ini, proses pendataan merchandise inventory tersebut masih menggunakan cara manual yaitu dengan aplikasi Microsoft Office berupa Excel. Pada pelaksanaannya terdapat permasalah yang terkadang mengakibatkan kesalahan dalam perhitungan stok barang, kesulitan dalam pendataan dan pembuatan laporan barang masuk dan barang keluar, serta membutuhkan waktu lama dalam pengecekan atau pencarian inventory yang dibutuhkan. Untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan dan memudahkan dalam pengumpulan dan pengolahan data secara cepat dan akurat. Salah satunya yaitu penerapan website sistem informasi e-inventory yang dapat memudahkan pekerja mengetahui stok barang yang dimiliki, serta membantu mempermudah proses pendataan barang masuk dan barang keluar. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan metode perancangan UI/UX agar proses interaksi website bisa mempermudah penggunanya, dan metode User Centered Design (UCD) digunakan sebagai metode pendekatan dengan serangkaian proses perancangan sistem. Metode UCD terdiri dari 4 tahapan, yaitu understand context of use, specify user requirements, design solutions, dan evaluate against requirements. Website sistem informasi einventory diuji menggunakan metode Black Box Testing yang menunjukan hasil Valid pada semua fungsi User Interface (UI) sehingga dapat bekerja secara efektif dan efisien sesuai keinginan pengguna. Evaluasi pada aspek User Experience (UX) dilakukan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang mendapatkan hasil Excellent dengan nilai rata-rata skala Daya tarik (1,90), Kejelasan (2,30), Efisiensi (2,25), Ketepatan (2,40), dan Stimulasi (1,85), serta mendapat hasil Good pada skala Kebaruan (1,30).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Miss Adinda Salsyadila |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:10 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:10 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7608 |
Actions (login required)
View Item |