PENGARUH METODE CHILD-CENTERED PLAY THERAPY SUSUN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTAK MATA ANAK AUTISME DI MY KIDS THERAPY CENTER

Iftita, Rosela (2023) PENGARUH METODE CHILD-CENTERED PLAY THERAPY SUSUN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTAK MATA ANAK AUTISME DI MY KIDS THERAPY CENTER. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (936kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB)
[img] Text (PENGARUH METODE CHILD-CENTERED PLAY THERAPY SUSUN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONTAK MATA ANAK AUTISME DI MY KIDS THERAPY CENTER)
LAPORAN HASIL_compressed (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Child-centered play therapy melalui permainan susun balok untuk meningkatkan kemampuan kontak mata anak autisme di My Kids Therapy Center. Pendekatan penelitian ini bersifat experimental design dengan rancangan yang dapat digunakan yakni quasi eksperimental, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari adanya suatu pengaruh perlakuan dalam kondisi yang terkendalikan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yakni one group pre and post-test design, maka pada penelitian ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest sesudah diberikan perlakuan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 2 siswa autisme baru di My Kids Therapy Center yang memiliki hambatan kemampuan kontak mata rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen Childhood Autism Rating Scale (CARS-2) untuk mengukur tingkat keparahan autisme, formulir Penilaian Intervensi Individual Keterampilan Sosial (PII-KS) Kontak Mata untuk mengukur kemampuan kontak mata dan lembar observasi checklist sebagai alat pendukung tambahan untuk acuan observasi saat treatment dilaksanakan. Adapun hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa ada perbedaan kemampuan kontak mata subjek, dimana nilai mean dari posttest Me = 35,5 > pretest Me = 24,5. Terdapat peningkatan dalam skor posttest setelah diberi treatment metode child-centered play therapy dibandingkan dengan skor pretest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode child-centered play therapy terhadap kemampuan kontak mata anak dengan autisme di My Kids Therapy Center.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Child-centered play therapy, Autisme, Kemampuan Kontak Mata
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 20 Sep 2024 02:28
Last Modified: 20 Sep 2024 02:28
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item View Item