RADIO PADA BALMON PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3 ANALISIS INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT LAYANAN PERIZINAN SPEKTRUM FREKUENSI RADIO PADA BALMON PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3

ANDRYANI, ADE (2024) RADIO PADA BALMON PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3 ANALISIS INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT LAYANAN PERIZINAN SPEKTRUM FREKUENSI RADIO PADA BALMON PALEMBANG MENGGUNAKAN ITIL V3. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab0.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab1wm.pdf

Download (326kB)
[img] Text
laporan hasil_compressed (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (321kB)
[img] Text
artikel-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spektrum frekuensi radio merupakan sumber daya alam berharga yang harus dikelola secara efisien dan sistematis. Pemanfaatan spektrum frekuensi radio mencakup berbagai kebutuhan. Perlu diselenggarakan pelayanan perizinan pemanfaatannya melalui pelayanan teknologi informasi. Penelitian ini berfokus pada proses perizinan yang terkait dengan penugasan, pemanfaatan, dan pengawasan spektrum. Kurangnya pengawasan pemerintah terhadap layanan TI seringkali menimbulkan keluhan sehingga memerlukan evaluasi menggunakan kerangka ITIL. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana proses ITIL V3 diterapkan dalam layanan perizinan spektrum frekuensi radio di Balmon Palembang melalui metode deskriptif kualitatif. Temuan menunjukkan bahwa layanan telah menerapkan proses ITIL V3 dengan tingkat kematangan pada level 3 Ditetapkan. Rekomendasi fungsi service desk antara lain perbaikan prosedur, metrik individu dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Saran untuk meningkatkan prosedur manajemen insiden dan manajemen masalah merupakan tindakan penting yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan layanan perizinan spektrum frekuensi radio di Balai Pemantauan Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Palembang. Langkah-langkah ini mencakup pengembangan prosedur penanganan insiden dan masalah yang lebih efisien serta penerapan pengawasan yang lebih ketat terhadap proses-proses tersebut. Oleh karena itu, upaya ini bertujuan untuk memastikan layanan perizinan spektrum frekuensi radio dapat berjalan lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Layanan Teknologi Informasi, Frekuensi Radio, ITIL V3
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 07 Nov 2024 06:53
Last Modified: 07 Nov 2024 06:53
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8198

Actions (login required)

View Item View Item