PENGARUH UKURAN DAN KEPADATAN AGREGAT TERHADAP DAYA DUKUNG (NILAICBR) LAPISAN BASE JALAN RAYA

ASTIRA, FIKRI (2024) PENGARUH UKURAN DAN KEPADATAN AGREGAT TERHADAP DAYA DUKUNG (NILAICBR) LAPISAN BASE JALAN RAYA. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
laporan hasil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)

Abstract

Perkerasan berpori (porous pavement) adalah perkerasan yang direncanakan dengan menggunakan bahan material yang mampu merembeskan aliran air ke dalam lapisan tanah di bawahnya. Pada perkerasan ini, terdapat ruang kosong untuk aliran air dan udara. Adanya ruang kosong inilah yang menyebabkan air hujan dapat masuk ke dalam perkerasan dan meresap ke dalam tanah sehingga limpasan air hujan yang dihasilkan lebih sedikit dari pada perkerasan konvensional. Pengujian Perkerasan berpori (porous pavement) ini berkosentrasi pada lapisan base dan dilakukan di laboratorium dengan mengambil sampel agregat lokal untuk dilakukan pengujian analisa saringan dan CBR. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi agregat lokal yang digunakan sebagai lapisan base jalan pada sistem perkerasan berpori, menguji kemampuan daya dukung material lapisan base (CBR), mendapatkan spesifikasi material lokal untuk mencapai kondisi optimal sebagai lapisan base jalan berdasarkan nilai CBR. Pengujian dilakukan terhadap 5 sampel D30, D30+D20, D20, D20+D10 dan D10. Setiap pengujian dilakukan 3 kali dan didapat nilai rata2 dari 3 kali pengujian tersebut. Setelah dilakukan pengujian data-data hasil pengujian masukkan dalam grafik agar dapat ditarik kesimpulan yaitu Agregat lokal yang digunakan masuk dalam spesifikasi Bina Marga sebagai lapisan pondasi. Agregat juga memenuhi persyaratan abrasi yaitu 25 % (<40%), agregat dengan kondisi longgar mempunyai koefisien kelulusan air lebih besar dibandingkan kondisi padat. Agregat dengan diameter gabungan mempunyai koefisien kelulusan air lebih tinggi. Pemadatan meningkatkan nilai CBR. Pengaruh pemadatan terhadap nilai CBR paling besar untuk agregat dengan ukuran besay yaitu D30. Dari hasil pengujian CBR, kondisi optimum dicapai pada gabungan diameter agregat D20+D10 serta D30+D20.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan berpori (porous pavement), CBR.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 18 Nov 2024 02:39
Last Modified: 18 Nov 2024 02:39
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8375

Actions (login required)

View Item View Item