Bela Sapitri, Sinta (2023) ANALISIS PENGARUH SUBSTITUSI BAN BEKAS TERHADAP STABILITAS DAN KEPADATAN ASPAL AC-WC. Other thesis, Universitas Bina Darma.
Text
bab 0.pdf Download (793kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (326kB) |
|
Text
laporan hasil.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (191kB) |
|
Text
artikel.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Seiring beirkeimbangnya zaman, men i ingkatkan omotivei ig induistry beiriringan juga deingan meiningkatnya produiksi ban yang men i yeibabkan akan teiruis ber i tambah limbah karet ban tidak bisa terurai dengan faktor alam. Cara untuk menyelesaikan masalah ini, dibutuhkan cara inovatif agar dapat mengurangi limbah karet ban yang semakin meningkat. Penggunaan karet ban sebagai material penambah substitusi pada Aspal menjadi salah satu jalan keluar untuk mengurangi limbah karet ban yang tidak digunakan. Aspal yang dicampur dengan potongan ban karet diharapkan dapat menjadi pengganti bahan yang sebelumnya dan stabilitas aspal menjadi meningkat. aut i Limbah karet i ban beikas sangat mud i ah diteimuikan, namuin bahan ini sulit teiruirai seicara alami. Hal ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak penggantian agregat kasar konvensional dengan serbuk ban bekas terhadap stabilitas dan kepadatan campuran aspal AC-WC. Serbuk ban bekas, yang merupakan produk daur ulang dari ban bekas, digunakan sebagai bahan tambahan dalam campuran aspal untuk mengurangi penggunaan agregat alam dan mendukung praktik daur ulang yangberkelanjutan dalam industri konstruksi jalan. Metode penelitian melibatkan persiapan beberapa campuran aspal AC-WC dengan perbandingan variasi serbuk ban bekas. Campuran aspal yang dihasilkankemudian diuji menggunakan berbagai uji laboratorium, termasuk uji stabilitas dan kepadatan. Selain itu, analisis sifat mekanik seperti modulus elastisitas dan kekuatan tarik juga dilakukan untuk mengevaluasi kinerja campuran aspal yang mengandung serbuk ban bekas. Berdasarkan hasil pengujian parameter marshall di tinjau dari variasi substitusi ban bekas dapat disiumpulkan bahwa pengaruh nilai stabilitas pada karet ban optimum terletak pada persentase 4% dengan nilai sebesar 1.846 kg. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian ditinjau dari variasi ban bekas dapat disimpulkan bahwa pengaruh nilai Kepadatan pada karet ban optimum terletak pada persentase 4% dengan nilai sebesar 2,377 gr/cc.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspal, Ban Bekas, Marshall. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Miss Dewi Kartikasari |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:01 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 02:01 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8403 |
Actions (login required)
View Item |