ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN WORKSHOP WORK OVER WELL SERVICE DI PT. PERTAMINA HULU ROKAN ZONA 4 LIMAU FIELD

PUTRI, AJENG KARTIKA (2024) ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN WORKSHOP WORK OVER WELL SERVICE DI PT. PERTAMINA HULU ROKAN ZONA 4 LIMAU FIELD. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1)
1.pdf

Download (342kB)
[img] Text (DP)
DP.pdf

Download (300kB)
[img] Text (ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR BANGUNAN WORKSHOP WORK OVER WELL SERVICE DI PT. PERTAMINA HULU ROKAN ZONA 4 LIMAU FIELD)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (L)
L.pdf

Download (977kB)
[img] Text (A)
A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

PT. Pertamina Hulu Rokan Zona 4, sebagai sub-holding upstream PT. Pertamina, melakukan renovasi pada workshop Work Over Well Service di Limau Field. Renovasi dilakukan dengan memasang fasilitas over head crane (OHC) untuk mengangkat barang-barang berat. Analisis kekuatan struktur bangunan existing diperlukan untuk memastikan bangunan mampu menopang beban tambahan OHC. Penelitian ini menggunakan perhitungan manual dan perangkat lunak komputer CSI SAP2000 ETABS untuk menganalisis data struktur dan pembebanan. Tujuan penelitian adalah menentukan apakah struktur bangunan existing layak untuk instalasi OHC, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi analisis kekuatan struktur, serta menghasilkan kajian ilmiah untuk mengidentifikasi masalah potensial atau kelemahan struktur secara dini. Berdasarkan hasil evaluasi struktur, ditemukan bahwa kolom dengan beban 3 tidak mampu menahan gaya yang terjadi dengan nilai PMM Ratio > 1. Oleh karena itu, diperlukan penambahan kolom sebagai penyangga balok runaway overhead crane. Setelah dilakukan perbaikan dengan menambahkan kolom support, terlihat bahwa kolom dan balok mampu menahan gaya yang terjadi dengan nilai PMM Ratio < 1. Dari defleksi vertikal balok runway memenuhi standar dengan nilai maksimum sebesar 8.75 mm, yang lebih kecil dari batas yang diizinkan sebesar 6.14 mm. Sementara itu, defleksi horizontal juga memenuhi standar dengan nilai maksimum sebesar 13.125 mm, yang lebih kecil dari batas yang ditetapkan sebesar 4 mm. Hal ini menunjukkan bahwa struktur balok runway telah memenuhi persyaratan defleksi yang ditetapkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 13 Dec 2024 07:58
Last Modified: 13 Dec 2024 07:58
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8656

Actions (login required)

View Item View Item