ANALISA KERUNTUHAN LERENG PADA JALAN MUARADUA – KOTABATU KABUPATEN OKU SELATAN

Haris, Ari Daman (2024) ANALISA KERUNTUHAN LERENG PADA JALAN MUARADUA – KOTABATU KABUPATEN OKU SELATAN. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (622kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (519kB)

Abstract

Kejadian tanah longsor atau pergerakan tanah dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kemiringan lereng, beban tambahan, tinggi lereng, gempa bumi, tekanan air pori berlebihan, dan hilangnya kekuatan geser akibat pelapukan, pencairan, dan infiltrasi dan rembesan air. Infiltrasi hujan kedalam tanah menyebabkan peningkatan kandungan air dalam tanah, perubahan tekanan air pori, peningkatan beratisi tanah. Dalam keadaan ekstrim, hujan dapat menyebabkan naiknya muka air tanah sehingga kekuatan tanah menjadi terganggu (Gofar & Lee, 2008). Penelitian ini dilakukan terhadap studi kasus kelongsoran lereng pada Lokasi koordinat 4o47’43,026”LS; 104o1’ 5,46”BT yang berada pada ruas jalan Provinsi yang menghubungkan kota Muaradua–Kota Batu, kabupaten OKU Selatan, untuk mengetahui geometri lereng sebelum longsoran, sedangkan observasi lapangan (data primer) dilakukan untuk Propinsi Sumatra Selatan Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Data sekunder didapatkan mengetahui geometri lereng dan bidang gelincir sesudah terjadi longsoran. Sampel tanah diambil pada saat observasi lapangan dan di uji di laboratorium Mekanika Tanah dengan standar SNI yang relevan. Data untuk analisis numerik didapatkan menggunakan persamaan dan korelasi. Berdasarkan bidang longsor yang diamati, maka dapat disimpulkan bahwa bidang gelincir dimulai dari bawah badan jalan dan menjalar ke bagian bawah sampai kakai lereng. Bidang gelincir ini tipikal untuk lereng dengan sudut lereng > 53o. Untuk memperbaiki kondisi lereng maka di buat perkuatan lereng menggunakan metode Trap/bertingkat dimana setiap trap lereng dibuatkan saluran drainase dilapisi dengan plastik geotek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:48
Last Modified: 27 Feb 2025 02:48
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8918

Actions (login required)

View Item View Item