SANJAYA, DENDI (2023) PERANCANGAN DESAIN UI/UX APLIKASI JUAL BELI HASIL PERTANIAN PASAR TANI OGAN ILIR BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
![]() |
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pertanian adalah salah satu sumber penghasil anggaran yang besar dan sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia. Kabupaten Ogan Ilir memiliki luas wilayah 2.666,09 km2, dari total jumlah penduduk 416.549 jiwa, status pekerjaan utama penduduk ogan ilir adalah 40.505 jiwa berusaha sendiri, 45.899 jiwa sebagai buruh tidak tetap, 6.805 jiwa buruh tetap, 42.670 jiwa pekerja keluarga/tak dibayar, dari empat jenis pekerjaan utama tersebut hampir semuanya bekerja sebagai petani, sedangkan sisanya karyawan/pegawai sebanyak 71.055 jiwa dan pekerja bebas 11.821 jiwa. Wilayah kabupaten Ogan Ilir yang luas dapat menjadi potensi yang baik untuk meningkatkan perekonomian para petani. Tapi disisi lain, banyak petani dan konsumen yang dirugikan karena masalah yang muncul akibat sistem penjualan hasil pertanian di wilayah kabupaten Ogan Ilir yang cukup panjang. Masalah tersebut harus segera diselesaikan, salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan Perancangan desain UI/UX aplikasi jual beli hasil pertanian Pasar Tani Ogan Ilir berbasis mobile menggunakan metode design thinking. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancangan desain UI/UX aplikasi jual beli hasil pertanian Pasar Tani Ogan Ilir berbasis. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Ogan Ilir tepatnya pada Kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kec.Tanjung Raja menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe aplikasi Pasar Tani Ogan Ilir dan hasil usability testing yang berisi data penggunaan desain UI/UX yang dirancang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil perancangan desain UI/UX aplikasi jual beli hasil Pasar Tani Ogan Ilir berbasis mobile yang telah dirancang layak untuk digunakan sebagai rancangan desain awal untuk pembangunan aplikasi Pasar Tani Ogan Ilir kedepannya. Dikatakan layak karena tingkat kesalahan klik dibawah angka 50% yaitu hanya 7%, selain itu jumlah responden yang menyelesaikan misi sesuai jalur juga lebih dari 50% yaitu sebanyak 97,8% dan juga didasari oleh pendapat dari 397 orang responden yang menyatakan desain prototype tersebut telah layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Pasar Tani Ogan Ilir, Perancangan, Design Thinking, Usability Testing. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 02:10 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 02:10 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |