SIMULASI UN SMP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG)

SYAFARI, SYAFARI and Siti, Sauda (2020) SIMULASI UN SMP BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG). Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (413kB)
[img] Text
DAF. PUSTAKA.pdf

Download (6kB)

Abstract

Pada umumnya di era sekarang khususnya dunia pendidikan sudah menerapkan ujian nasional berbasis komputer bisa disebut dengan istilah CBT (Computer Based Test). Dengan demikian kebanyakan siswa masih kurang paham atau mengetahui tata cara, dan hanya mengandalkan latihan persiapan UN di sekolah masih kurang efektif yang disebabkan kurangnya waktu pelatihan. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendapatkan hasil (menghasilkan) pola acak yang diterapkan agar setiap soal yang didapat siswa berbeda atau tidak sama. Oleh sebab itu, skripsi ini telah dapat dibuat aplikasi berbasis web yaitu simulasi UN dengan menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG), agar dapat membantu dan memudahkan siswa yang akan menghadapi ujian yang berbasis komputer. Metode Linear Congruential Generator (LCG) merupakan salah satu algoritma pengajakan yang digunakan untuk menghasilkan bilangan acak (Random Number). Hasil penelitian ini telah menunjukan bahwa metode Linear Congruential Generator (LCG) sudah efektif diterapkan pada pengacakan soal. Namun pada LCG ini penentuan nilai konstantanya yaitu viriabel a, c , m, Zi, yang tepat dan m (jumlah soal) sangat mempengaruhi untuk menghasilkan pola acak yang baik. Maka dari itu diperlukan ketelitian dalam analisis matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Website, Simulasi UN, Linear Congruential Generator
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:09
Last Modified: 10 Jul 2020 08:09
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item