STUDI PENERIMAAN TEKNOLOGI E-MONEY PADA MASYARAKAT DI KOTA LUBUKLINGGAU

Nopalia, Nopalia and Dedi, Syamsuar (2020) STUDI PENERIMAAN TEKNOLOGI E-MONEY PADA MASYARAKAT DI KOTA LUBUKLINGGAU. Masters thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
Bab 0.pdf

Download (900kB)
[img] Text
BAb I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id/

Abstract

Teknologi komputer yang terus berkembang dapat mempengaruhi gaya hidup masyarakat salah satunya adalah cara bertransaksi dalam melakukan pembayaran. Jenis transaksi pembayaran pada masyarakat tergolong menjadi dua golongan yaitu transaksi pembayaran secara tunai (cash) dan non tunai (e-money). E-money merupakan alat pembayaran elektronik non tunai yang saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Peneliti/an ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan e-money pada masyarakat di kota Lubuklinggau. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Model teori UTAUT yang menjadi dasar teori pada penelitian ini. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penggunaan e-money. Faktor-faktor yang diteliti meliputi ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga, kebiasaan, niat serta Perilaku Pengguna. Data penelitian diperoleh dari hasil pengumpulan kuesioner manual sebanyak 200 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model struktual (Inner Model) dengan menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) 2 M3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hedonic motivation (2.193), habit (2,069), facilitating condition (2,841), Price value (0,404) terbukti mempengaruhi minat penggunaan e-money. Sementara, effort expectancy (0,656), Performance expectancy (0,773), and social influence (0,504) tidak menunjukkan adanya pengaruh pada minat penggunaan e-money. Sedangkan Habit (2,501), Facilitating condition (2,501) berpengaruh seignifikan terhadap perilaku pengguna . Maka dari itu, perusahaan penyedia layanan e-money perlu mempertimbangkan variabel-variabel yang mempengaruhi minat masyarakat dalam vii menggunakan e-money dalam rangka peningkatan layanan e-money ataupun pembuatan kebijakan-kebijakan dalam penyelenggaran e-money di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Users 6 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2020 01:11
Last Modified: 17 Jul 2020 01:11
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

View Item View Item