M. SYAFUADTUDDIN, M. SYAFUADTUDDIN (2021) TINJAUAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI PEKERJAAN STRUKTUR BOX GIRDER BALANCE CANTILEVER DENGAN METODE FORM TRAVELER PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OGAN TOL KAYU AGUNG PALEMBANG BETUNG. LAPORAN KERJA PRAKTIK TINJAUAN PELAKSANAAN KONSTRUKSI PEKERJAAN STRUKTUR BOX GIRDER BALANCE CANTILEVER DENGAN METODE FORM TRAVELER PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN OGAN TOL KAYU AGUNG PALEMBANG BETUNG.
Text
Laporan KP APUK FIX ASLI NO DEBAT (2).pdf Download (4MB) |
Abstract
BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Transportasi merupakan salah satu aspek yang penting bagi manusia dalam menjalani kehidupan setiap hari. Perkembangan transportasi di Indonesia saat ini meningkat pesat seiring perkembangan ilmu dan teknologi dibidang transportasi. Masyarakat dalam memenuhi kebutuhan di bidang transportasi lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan menggunakan kendaraan umum sebagai pilihan utama sehingga menyebabkan jumlah kendaraan meningkat dengan pesat dan berdampak pada kemacetan di berbagai titik ruas jalan yang jumlahnya tidak sebanding dengan jumlah kendaraan pada saat ini. Salah satu tantangan yang dialami negara berkembang seperti di Indonesia yaitu tidak terkendalinya pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali tentu akan menimbulkan banyak pengaruh di berbagai bidang salah satunya bidang transportasi. Seiring bertambahnya jumlah penduduk dalam suatu wilayah, mengakibatkan bertambahnya kepadatan lalu lintas yang berdampak pada meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana. Jembatan merupakan struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Jembatan sering menjadi komponen kritis dari suatu ruas jalan, karena sebagai penentu beban maksimum kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut. Dalam perkembanganya, pembangunan jembatan di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat sejalan dengan berkembangnya kebutuhan transportasi darat dan air. Pembangunan jembatan yang melintasi Sungai Ogan dengan bentang jembatan sepanjang 360 meter pada Proyek Jembatan Tol Kayu Agung-PalembangBetung Seksi II merupakan salah satu implementasi dari kebutuhan akan sarana transportasi. Salah satu elemen struktur yang penting dalam pembangunan Jembatan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi II ini adalah box girder. Sebagai elemen struktur yang berfungsi untuk tempat tumpuan beban kendaraan dan penghubung segmen jembatan, box girder sangat berpengaruh dalam perencanaan dan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKL, PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL, FAKULTAS TEKNIK,UNIVERSITAS BINA DARMA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Users 3 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:45 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 04:45 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1421 |
Actions (login required)
View Item |