TINJAUAN PELAKSANAAN TEMBOK PENAHAN TANAH PADA JEMBATAN AIR TANJUNG ARAH INDRALAYA (OPRIT 2)

SRI, WAHYUNI (2021) TINJAUAN PELAKSANAAN TEMBOK PENAHAN TANAH PADA JEMBATAN AIR TANJUNG ARAH INDRALAYA (OPRIT 2). TINJAUAN PELAKSANAAN TEMBOK PENAHAN TANAH PADA JEMBATAN AIR TANJUNG ARAH INDRALAYA (OPRIT 2).

[img] Text
laporan KP Sri Wahyuni (2).pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.binadarma.ac.id/

Abstract

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan route transfortasi melalui sungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintanganrintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang . Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain. Sejarah jembatan sudah cukup tua bersamaan dengan terjadinya hubungan komunikasi / transportasi antara sesama manusia dan antara manusia dengan alam lingkungannya. Macam dan bentuk serta bahan yang digunakan mengalami perubahan sesuai dengan kemajuan jaman dan teknologi, mulai dari yang sederhana sekali sampai pada konstruksi yang mutakhir. Mengingat fungsi dari jembatan yaitu sebagai penghubung dua ruas jalan yang dilalui rintangan, maka jembatan dapat dikatakan merupakan bagian dari suatu jalan. Oprit sendiri merupakan timbunan tanah atau urugan di belakang abutment yang dibuat sepadat mungkin untuk menghindari penurunan. oprit bisa terdiri atas timbunan pilihan dan timbunan biasa dan untuk membuat oprit berdiri kokoh, maka dibuatlah tembok penahan tanah yang berfungsi menjaga kestabiltas lereng oprit tersebut jika kondisi oprit jembatan berada pada lokasi berbukit. Perencanaan konstruksi oprit ini sangat perlu diperhatikan agar desain oprit yang dihasilkan nantinya dapat aman dan kuat sesuai dengan umur rencana yang telah ditentukan Mata Kuliah Kerja Praktik sebagai salah satu syarat wajib kelulusan dan kegiatan penunjang yang nyata bagi mahasiswa diprogram Studi S1 Teknik Sipil Universitas Bina Darma Palembang. Kerja praktik menjadi sarana untuk penerapan materi pendidikan yang telah diberikan dalam masa perkuliahan. 2 Dengan adanya mata kuliah ini mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai teori, namun mahasiswa juga harus memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatnya. Kegiatan kerja praktek ini dilaksanakan pada Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Palembang ( BBPJN ) , Proyek Jembatan Air Tanjung Palembang-Indralaya, dengan harapan dapat mengenal metode pelaksanaan konstruksi dalam proyek dan sistem manajemen proyek di lapangan. Melihat pentingnya perencanaan dan spesifikasi Jembatan yang memenuhi syarat yang diajukan oleh Jurusan Teknik Sipil, maka kami sebagai mahasiswa Universitas Binadarma Palembang semester akhir bermaksud mengambil bahan laporan kerja praktek lapangan Jembatan Air Tanjung dengan suatu syarat dan spesifikasi yang telah ditentukan. Bahan kerja praktek lapangan perencanaan Jembatan Air Tanjung ini dengan judul “Tinjauan Pelaksanaan Tembok Penahan Tanah Pada Jembatan Air Tanjung Arah Indralaya (Oprit 2)” Sebagai orientasi ilmu yang didapat selama mengikuti perkuliahan di Universitas Bina Darma Palembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: KKP, PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS BINA DARMA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Users 3 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:43
Last Modified: 02 Aug 2021 02:43
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item View Item