Muhammad Rafli, Setiawan (2021) Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Tiang Pancang Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Indralaya – Prabumulih Seksi 1 STA 0+592 – 0+642. Tinjauan Pelaksanaan Pekerjaan Tiang Pancang Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Indralaya – Prabumulih Seksi 1 STA 0+592 – 0+642.
Text
Muhammad Rafli Setiawan - Laporan KP.pdf Download (4MB) |
Abstract
1.1 Latar Belakang Di negara kepulauan yang memiliki 17.508 pulau, sistem jaringan jalan merupakan kebutuhan mendasar untuk menghubungkan masyarakat dan perniagaan dengan pekerjaan, layanan, pasar, mengurangi biaya logistik, dan merangsang pertumbuhan industri di Indonesia. Menjawab kebutuhan tersebut, pemerintah menempatkan konektivitas tinggi sebagai salah satu prioritas utama. Melalui Peraturan Presiden No. 100 Tahun 2014 yang kemudian diubah dengan Peraturan Presiden No. 117 Tahun 2015, Pemerintah memberi amanat kepada Hutama Karya untuk membangun dan mengembangkan Jalan Tol Trans- Sumatera. Jalan tol ini akan menghubungkan Lampung dan Aceh melalui 24 ruas jalan berbeda yang panjang keseluruhannya mencapai 2.704 km dan akan beroperasi penuh pada 2024. Sebagai pulau terbesar kedua di Nusantara dengan populasi melebihi 55 juta jiwa, Sumatera memainkan peran penting dalam perekonomian negara. Dianugerahi beragam potensi alam dan komoditas berlimpah, mulai dari karet, minyak kelapa sawit, kopi, minyak bumi, batu bara, dan gas alam, pada tahun 2015 Sumatera menyumbang 22,21% produk domestik bruto (PDB) Indonesia, terbesar kedua setelah Jawa, menurut Badan Pusat Statistik (BPS). Oleh karena itu, kemajuan dan keberlanjutan perekonomian Sumatera sangat penting untuk memastikan stabilitas dan pertumbuhan di kawasan tersebut. Jika pertumbuhan terhenti, perkembangan daerah sekitarnya pun akan terhambat. Salah satu jalur lintas penghubung dalam pembangunan jalan Tol di Pulau Sumtera ini, Jalan Tol Ruas Simpang Indralaya – Muara Enim Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih yang memiliki panjang 10.5 km dan terletak di wilayah administrative Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Ogan Ilir, Awal proyek terletak di Jalan Tol Palembang – Indralaya dan akhir proyek ini di jalan Prabumulih – Baturaja, sehingga dalam pelaksanaannya ditugaskan kepada Badan Usaha Milik Negara yaitu PT. Hutama Karya (Persero).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KP, UNIVERSITAS BINA DARMA, TEKNIK SIPIL |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Users 3 not found. |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 04:45 |
Last Modified: | 15 Jun 2021 04:45 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1601 |
Actions (login required)
View Item |