DIAN SATRIO, UTOMO and Farlin, Rosyad (2020) ANALISIS HUBUNGAN RASIO VOLUME PER KAPASITAS DAN ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN SOEKARNO HATTA KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.
Text
Dian Satrio Utomo Bab 0.pdf Download (1MB) |
|
Text
Dian Satrio Utomo Bab 1.pdf Download (93kB) |
|
Text
Dian Satrio Utomo Daftar Pustaka.pdf Download (57kB) |
Abstract
Derajat kejenuhan atau yang disebut rasio volume perkapasitas adalah salah satu bagian dari kondisi lalu lintas yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Semakin tinggi nilai rasio volume per kapasitas maka kepadatan volume lalu lintas juga semakin tinggi, begitupun sebaliknya. Hal ini dapat menyebabkan potensi kecelakaan lalu lintas dengan kondisi yang berbeda. Kecelakaan lalu lintas adalah suatu permasalahan yang cukup serius pada pengguna Jalan yang tidak terduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban jiwa manusia dan kerugian harta benda. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk kota Palembang tiap tahunnya menyebabkan kebutuhan transportasi juga akan semakin meningkat, secara tidak langsung memperbesar resiko tumbuhnya permasalahan lalu lintas. Keseimbangan antara pengemudi, kemajuan teknologi kendaraan dan penyediaan prasarana lalu lintas merupakan tiga kombinasi yang menentukan mobilitas transportasi. Menurut data Korps Lalu Lintas Republik Indonesia ( Korlantas POLRI) mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas pada tahun 2019 di Indonesia sebanyak 107.500 kecelakaan. Meningkat 3 persen dari 2018, yaitu sebanyak 103.672 kecelakaan. Namun jumlah korban meniggal pada tahun 2019 menurun sebesar 6 persen dibanding dari tahun 2018.Hubungan antara rasio volume per kapasitas dan angka kecelakaan menunjukan hubungan polynominal positif. Semakin tinggi nilai rasio volume per kapasitas maka nilai kecelakaan juga semakin tinggi. Titik balik maksimum rasio volume per kapasitas antara 0,3 sampai 0,4. Setelah melewati rasio volume per kapasitas pada titik balik maksimum, angka kecelakaan akan menurun. Nilai korelasinya (R²) sebesar 0,776.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rasio per kapasitas, volume, kecelakaan lalu lintas |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:52 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:52 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1616 |
Actions (login required)
View Item |