ANALISIS KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN PADA TOL PALEMBANG-KAYUAGUNG-PEMATANG PANGGANG

MESSY, WULANDARI and Firdaus, Firdaus (2020) ANALISIS KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN PADA TOL PALEMBANG-KAYUAGUNG-PEMATANG PANGGANG. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
Messy Wulandari Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Messy Wulandari Bab 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Messy Wulandari Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB)

Abstract

Jalan tol merupakan jalan yang bebas hambatan bagi kendaraan bermotor yang pemakaiannya di kenakan kewajibab membayar biaya Tol yang sesuai dengan jarak yang di tempuh oleh pengendara yang melaluinya. Pada suatu system sering terjadi kelambatan atau kemacetan yang terjadi pada gerbang tol, baik di pintu masuk ataupun pintu keluar. Studi kasus penelitian kali ini dilakukan pada gerbang Tol Kayuagung - Pematang Panggang, yang merupakan salah satu pintu masuk kendaraan yang akan memasuki wilayah Terpeka dan sekitarnya. Dari sejak di operasikannya jalan Tol ini pertumbuhannya cukup meningkat dan mulai di berlakukannya maksimal saldo E-toll. Hal ini masih dapat di atasi karena pelayanan yang diberikan masih mencukupi. Data yang di dapat dari survey lapangan untuk mendapakan nilai tingkat kedatangann dan waktu pelayanan pada jam – jam sibuk. Data tersebut diolah yang mencakup uji coba kecukupan data dan uji pola distribusi. Serta parameter yang di lakukan dalam penganalisaan kapasitas di gerbang tol Kayuagung – Pematang panggang, yaitu panjang antrian dan waktu antrian. Dengan mengambil data tingkat pelayanan di dapat jumlah kendaraan yang di layani pada gerbang Tol Kayuagung – Pematang Panggang untu tiap gardu yang beroperasi yaitu 161 kendaraan/ jam di karenakan pada bulan Mei sedang maraknya wabah Covid-19 sehingga kendaraan tidak boleh bebas melalui jalan tol. Serta pada hasil survey diwaktu yang sama didapatkan pula waktu pelayanan rata�rata maksimum pada gerbang tol Kayuagung – Pematang Panggang ini adalah 5.07 detik. Berdasarkan hasil penelitian pada waktu pelayanan di jam-jam sibuk yaitu pukul 19:00–21:00 wib yaitu gardu no 1 yaitu 3,07. Sedangkan untuk gardu no 3 pada jam sibuk yaitu jam 07:00 – 09:00 wib 5,07.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, Kapasitas Jalan Tol, Tingkat Pelayanan Tol.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:54
Last Modified: 02 Aug 2021 02:55
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item