ANALISIS KERUSAKAN JALAN BYPASS ALANG-ALANG LEBAR MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

MUHAMMAD ALDI, RAMDHANI and Farlin, Rosyad (2020) ANALISIS KERUSAKAN JALAN BYPASS ALANG-ALANG LEBAR MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI). Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
Muhammad Aldi Ramdhani Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Aldi Ramdhani Bab 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Muhammad Aldi Ramdhani Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)

Abstract

Untuk memenuhi pergerakan transportasi dari masyarakat umum, maka dibutuhkanlah akses jalan yang memadai agar dapat mampu memberikan pelayanan akses yang maksimal. Namun seiring berjalannya waktu, maka kekuatan dari struktur jalan tersebut akan semakin menurun dan akan menimbulkan kerusakan-kerusakan pada ruas-ruas jalan tersebut. Maka dari itu penilaian terhadap kondisi perkerasan jalan merupakan aspek yang paling penting dalam hal menentukan kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kerusakan serta besaran persentase nilai perkerasan jalan pada ruas Jalan Bypass Alang-Alang Lebar dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) yang terbagi menjadi 20 segmen dimana masing-masing segmen berjarak 200 meter. Pengumpulan data ini dilakukan secara visual dengan datang langsung ke lokasi serta mengukur luasan dari masing-masing kerusakan yang ada dan melakukan perhitungan untuk mengetahui nilai kondisi perkerasan jalan tersebut. Dimana setelah dilakukan analisis perhitungan dari 20 segmen tersebut didapatlah nilai PCI terendah berada pada STA 0+600 - 0+800 dengan nilai perkerasan sebesar 17% yang masuk kedalam kategori Very Poor atau sangat buruk dan nilai PCI terbesar berada pada STA 2+600 - 2+800 dengan nilai perkerasan sebesar 82% yang termasuk dalam kategori Very Good, kerusakan umum yang terdapat pada Jalan Bypass Alang-Alang Lebar adalah jenis kerusakan lubang, retak kulit buaya, tambalan, pelepasan butir, dan cacat tepi. Nilai Kondisi Perkerasan atau PCI keseluruhan pada Jalan Bypass Alang-Alang Lebar ini sebesar 48% setelah dilakukan analisis perhitungan PCI pada seluruh segmen yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Metode Pavement Condition Index (PCI), Perkerasan Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:55
Last Modified: 02 Aug 2021 02:55
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item