ALAT PERAGA SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL DAN THERAPY PADA ANAK PENYANDANG AUTISME ASPERGER SYNDROME

DELIMA PUTRI, ELISA and Ratu Mutialela, Caropeboka (2019) ALAT PERAGA SEBAGAI INTERAKSI SOSIAL DAN THERAPY PADA ANAK PENYANDANG AUTISME ASPERGER SYNDROME. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
daf. pus.pdf

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Alat Peraga Sebagai Interaksi Sosial dan Therapy Pada Anak Penyandang Autis Asperger Syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seorang therapis dapat merangsang respon dengan memberikan instruksi menggunakan alat peraga sehinga dapat ditiru dan diikuti oleh penyandang autis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik pembelajaran sosial oleh Albert Bandura dan Teori Relasi Sosial. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penlitian ini adalah 2 orang therapis dan 2 orang tua anak penyandang autis. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam dengan therapis dan orang tua subjek penelitian dan observasi terhadap subjek penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang therapis harus mempunyai cara tersendiri untuk menarik respon anak penyandang autis dengan menggunakan alat peraga untuk memberikan instruksi keada anak autis sehingga anak autis mampu menerapkan apa yang di instruksi oleh therapis. Selama melakukan therapi anak mengalami perubahan yaitu fokus anak ketika diajak berbicara,dan anak sudah mulai mampu memberikan respon ketika diberikan instruksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, Instruksi, Respon
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 4 not found.
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:41
Last Modified: 06 Nov 2019 07:41
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item