EVALUASI USER EXPERIENCE ( UX ) DENGAN MENGADAPTASI MECUE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI OVO DAN DANA

Arianto, Andre (2022) EVALUASI USER EXPERIENCE ( UX ) DENGAN MENGADAPTASI MECUE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI OVO DAN DANA. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (Bab 0)
Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (793kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (575kB)
[img] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (998kB)
[img] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

OVO dan DANA merupakan aplikasi sebagai penyedia layanan yang mewadahi penyaluran alternatif pembayaran secara online untuk segala macam transaksi secara daring. Banyaknya pengguna sebuah produk atau aplikasi, tentu tidak menjamin kepuasan user experience dari sebuah aplikasi. Framework meCUE Questionnaire yaitu sebuah kerangka kerja yang digunakan dalam proses evaluasi suatu UX sebuah website atau aplikasi. meCUE Questionnaire layak digunakan pada seluruh jenis penilaian User experience terhadap satu atau beberapa sistem yang interaktif serta terpercaya untuk menganalogikan sebuah beragam produk serta memeriksa berbagai perubahan pengalaman terhadap desain pada penggunaan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujun untuk melakukan evaluasi user experience terhadap aplikasi tersebut dengan metode meCUE questionnaire agar dapat mengetahui apakah user experience telah dirasa baik atau tidak, dan dari aspek mana yang menyebabkan user experience dirasa masih kurang baik. meCUE questionnaire terdiri dari 4 modul, yakni Modul I (product perceptions), Modul II (user emotions), Modul III (consequences of use) dan Modul IV (overall evaluation) dengan jumlah 34 item pernyataan sebelum di validasi. Tahap pertama pada penelitian ini yaitu melakukan penerjemahan validasi dan reliabilitasi dan kemudian disebarkan kepada 45 responden. Selanjutnya kuesioner yang telah didapatkan hasilnya dihitung pada meCUE questionnaire sehingga hasil evaluasi UX dapat dikethaui. Hasil dari perhitungan nilai rata-rata tertinggi untuk OVO adalah 6.04 (usability), dan nilai rata-rata terendah 1.91 (Negative Emotions), pada aplikasi DANA nilai rata-rata tertinggi adalah 5.93 (usability), dan nilai reta-rata terendah 1.95 (Negative Emotions). Rata-rata untuk nilai keseluruhan adalah 4.2 untuk OVO dan 4.0 untuk aplikasi Dana. Kata kunci: UX, DANA,OVO,meCUE questionnaire,Uji validitas dan reliabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Irfan Irfan
Date Deposited: 17 Nov 2022 04:17
Last Modified: 17 Nov 2022 04:17
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item