ANALISIS USABILITY SISTEM WEB E-OFFICE PADA PT PELABUHAN INDONESIA II MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS PT PELABUHAN PALEMBANG )

SELIA, TASYA (2022) ANALISIS USABILITY SISTEM WEB E-OFFICE PADA PT PELABUHAN INDONESIA II MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS PT PELABUHAN PALEMBANG ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (turnitin)
67055-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (bab 1)
67055-6.pdf

Download (369kB)
[img] Text (daftar pustaka)
67055-10.pdf

Download (361kB)
[img] Text (bab 0)
67055-11.pdf

Download (962kB)
[img] Text (skripsi)
67055-18.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (jurnal)
67055-19.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (lampiran)
67055-20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang logistik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan. Pada PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang terdapat sistem web E-OFFICE yang dapat diakses melalui website. E-OFFICE tersebut merupakan sistem website yang hanya dapat diakses oleh para pegawai dan digunakan untuk mempermudah kegiatan surat menyurat di dalam PT Pelabuhan Indonesia II cabang Palembang. Tujuan analisis usability sistem web E-OFFICE untuk mengetahui tingkat usability sistem web E-OFFICE dan untuk mengetahui kegunaan sistem web E-OFFICE, apakah mudah dipelajari, efisien, pada saat pengguna berinteraksi mudah mengingat prosedur/langkah tanpa banyak membuat kesalahan, dan yang terakhir apakah pengguna merasa nyaman dalam mengoperasionalkan website tersebut. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi heuristic yang berisi sepuluh variabel yaitu visibility of system status, match between system and the real world, user control and freedom, consistency and standard, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist, help users recognize, diagnose and recover from errors, help and documentation Populasi penelitian ini adalah pegawai, dengan teknik pengumpulan data kuisioner dan wawancara dengan sampel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 79 responden. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan untuk pengembangan dalam meningkatkan nilai usability dan untuk menyusun strategi dalam meningkatkan kualitas website E-OFFICE. Kata Kunci: Sistem web, Usability, Heuristic Evaluation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mr Surya
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:20
Last Modified: 13 Jun 2023 08:20
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7185

Actions (login required)

View Item View Item