SISTEM INFORMASI PELAPORAN KERUSAKAN PDAM LEMATANG ENIM BERBASIS MOBILE

CENDANIE, VIA SUKMA (2023) SISTEM INFORMASI PELAPORAN KERUSAKAN PDAM LEMATANG ENIM BERBASIS MOBILE. Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (994kB)
[img] Text (SISTEM INFORMASI PELAPORAN KERUSAKAN PDAM LEMATANG ENIM BERBASIS MOBILE)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Upload Daftar Pustaka.pdf

Download (597kB)
[img] Text (Jurnal)
Artikel jurnal & LOA.pdf

Download (907kB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lematang Enim merupakan perusahaan yang bertugas melayani pelanggan. Pelayanan publik yang ada di Kabupaten Muara Enim, pelaporan gangguan dari pelanggan PDAM masih dilakukan secara manual yaitu melalui telepon ataupun dengan mendatangi langsung ke bagian pelayanan gangguan PDAM dan akan dilayani oleh petugas pelayanan pelanggan dengan memberikan dan mengisi formulir laporan gangguan, kemudian petugas menyerahkan laporan pengaduan tersebut kepada petugas teknisi yang bersangkutan untuk ditindaklanjuti ke lokasi yang dituju sehingga masih banyak laporan yang tidak terlaksana karena lembar laporan tercecer. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi pengaduan berbasis mobile dan pemetaan. Pembuatan aplikasi menggunakan Metode RAD (rapid application development) dengan tahapan menganalisis kebutuhan yang diperlukan, mendesain pemodelan rancangan yang akan dibuat, mengimplementasikan sistem informasi pelaporan gangguan berbasis mobile dan pemetaan untuk memudahkan pelanggan dan pihak teknik. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengirim data laporan gangguan layanan pelanggan ke server melalui perangkat yang berbasis mobile. Sistem ini dapat digunakan oleh pelanggan dan staff teknisi menuju lokasi kerusakan dan melakukan perbaikan hingga selesai. Dengan adanya sistem ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan mendasar dari PDAM Lematang Enim terhadap peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam menyampaikan laporan gangguan layanan. Kata Kunci : Gangguan Layanan, PDAM, Mobile dan Pemetaan, RAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:04
Last Modified: 23 Jul 2024 04:04
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7669

Actions (login required)

View Item View Item