ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DISKOMINFO-SP PEMKAB BANYUASIN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

WAHYUDI, AHKAM GAGAH (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DISKOMINFO-SP PEMKAB BANYUASIN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0 WM.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 WM.pdf

Download (476kB)
[img] Text (ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) PADA DISKOMINFO-SP PEMKAB BANYUASIN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS))
LP WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFPUS WM.pdf

Download (421kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL WM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat merupakan system pengaduan yang dibentuk oleh pemerintah sebagai salah satu wujud komitmen dalam mendukung prinsip pemerintahan terbuka serta meningkatkan kualitas pelayanan public. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna website layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat (lapor) pada diskominfo-sp Pemkab Banyuasin, metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), yaitu metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan dari pengguna suatu sistem website/aplikasi dengan membandingkan antara harapan dan kenyataan dari sebuah sistem informasi, Dalam penelitian ini diukur 5 indikator EUCS yang akan menentukan tingkat kepuasan pengguna website LAPOR yaitu Isi (Content), Akurasi (Accuracy), Bentuk (Format), Kemudahan Pengguna (Ease to Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness). penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan melakukan survei dan kuesioner sebagai instrumen penelitian dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel probability sampling dengan teknik penentuan sampel random sederhana (sampel random sampling). Hasil analisis data menunjukkan content (X1), accuracy (X2), format (X3), ease of use (X4), dan timeliness (X5) terhadap user satisfaction (Y), dinyatakan bahwa terdapat 4 variabel yang berpengaruh signifikan yaitu variabel content (X1), accuracy (X2), format (X3), dan ease of use (X4). Terdapat 1 variabel yang dinyatakkan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, yaitu variabel timeliness (X5) dan Dari hasil uji F diperoleh hasil analisis variabel content (X1), accuracy (X2), format (X3), ease of use (X4), dan timeliness (X5) terhadap user satisfaction (Y) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan pengguna website LAPOR! DISKOMINFO-SP Pemkab Banyuasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:38
Last Modified: 26 Jul 2024 03:38
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7682

Actions (login required)

View Item View Item