MARZUKI, MUHAHAMMAD (2023) ANALISIS LAYANAN DIGITAL SP4N E-GOVERNMENT PADA PEMERINTAH KOTA PAGAR ALAM MENGGUNAKAN MODEL DELONE END MCLEAN. Masters thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
Text (BAB 0)
bab0.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 1)
bab1.pdf Download (395kB) |
|
Text (ANALISIS LAYANAN DIGITAL SP4N E-GOVERNMENT PADA PEMERINTAH KOTA PAGAR ALAM MENGGUNAKAN MODEL DELONE END MCLEAN)
skrpsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
dapus.pdf Download (590kB) |
|
Text (JURNAL)
jurnal_compressed (3).pdf Download (422kB) |
Abstract
Kota Pagaralam merupakan salah satu kota yang memanfaatkan penggunaan aplikasi dalam pelayanan publik di bidang e-government yaitu Aplikasi SP4N LAPOR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas tingkat kepuasan layanan penggunaan Aplikasi SP4N LAPOR sebagai layanan pengaduan bagi masyarakat dalam wujud peningkatan pelayanan publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralam. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang terkait dengan lingkup penelitian. Teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, dokumentasi, dan juga observasi, kemudian data dianalisis dengan menggunakan model Delone end Mclean. Metode DeLone and McLean yaitu metode yang mempunyai 6 variabel evaluasi yaitu: information quality, system quality, service quality, use, user satisfaction dan net benefit. Metode DeLone and McLean akan digunakan sebagai model mengukur kesuksesan E- government dalam menganalisis kepuasan layanan digital Aplikasi SP4N yang ada di Kota Pagaralam. Dengan model ini diharapkan dapat diketahui komponen-komponen yang mendukung atau menghambat dalam penggunaan E-government, sehingga ke depan diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemerintah Kota Pagaralam dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralam sebagai penyelenggara dan pengelola aplikasi SP4N LAPOR masih mengalami beberapa kendala yang perlu diperbaiki agar manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut lebih maksimal Melalui analisis yang dilakukan, peneliti menyarankan beberapa diantaranya yaitu dengan adanya sosialisasi yang berkelanjutan mengenai aplikasi SP4N LAPOR, meningkatkan motivasi kerja pegawai, membuat bimbingan teknologi kepada admin pengelola SP4N LAPOR, dan meningkatkan infrastruktur jaringan internet. Kata Kunci : E-Government, Model Delone end Mclean, Analisis Layanan, Aplikasi, SP4N LAPOR
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HF Commerce Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Miss Dewi Kartikasari |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 08:57 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 08:57 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7795 |
Actions (login required)
View Item |