Oktaviani, Cici Rizki (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (665kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (635kB) |
|
Text (PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALEMBANG)
LAPORAN HASIL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (895kB) |
|
Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Social Media Marketing merupakan upaya untuk lebih memahami dinamika strategi yang efektif pada bisnis modern. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Social Media Marketing, Customer Retention, dimediasi oleh Customer Engagement pada pengguna e-commerce Shopee di Kota Palembang. Riset ini mengeksplorasi pemasaran melalui media sosial berperan dalam menjaga kelangsungan pelanggan Shopee, keterlibatan pelanggan menjadi elemen kunci dalam kaitan antara strategi pemasaran melalui media sosial dan retensi pelanggan. Metode riset diimplementasikan melalui pendekatan kuantitatif menggunakan survei sebagai desain penelitiannya.Unit analisis penelitian adalah pengguna e-commerce Shopee di Kota Palembang dengan jumlah responden sebanyak 130 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan SEM-PLS untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil temuan Social Media Marketing terbukti tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Customer Retention tetapi Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap Customer Engagement dan hubungan Customer Engagement terhadap Customer Retention. Hasil dari uji mediasi menyatakan bahwa Customer Engagement berhasil memediasi hubungan antara Social Media Marketing terhadap Customer Retention dengan pengaruh mediasi tergolong rendah. Perusahaan e�commerce perlu memperkuat kehadiran dan aktivitasnya di platform media sosial. Manajemen Shopee bisa mempertimbangkan peningkatan aktifitas mereka dengan berbagi konten menarik, menggelar promosi, atau melaksanakan kampanye khusus di media sosial tersebut agar dapat meningkatkan interaksi pengguna. Selain itu, perusahaan harus merenungkan strategi yang lebih efisien untuk mendorong keterlibatan aktif pengguna di media sosial mereka. Diperlukan penyempurnaan dan peningkatan dalam strategi media sosial ini, yang dapat meliputi identifikasi alasan di balik kurangnya aktivitas pengguna, meningkatkan kualitas konten yang relevan dan menarik, serta mengadopsi strategi yang lebih kuat dalam membangun interaksi pengguna dan meningkatkan kehadiran merek di platform media sosial.. Implikasi riset ini juga mendorong pengembangan tim pemasaran untuk meningkatkan efektivitas kinerja mereka dan mengadopsi pendekatan pengambilan keputusan berbasis data dalam strategi pemasaran ke depan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing; Customer Retention; Customer Engagement |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Miss Dewi Kartikasari |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:39 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:39 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7814 |
Actions (login required)
View Item |