PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALEMBANG

Oktaviani, Cici Rizki (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (665kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (635kB)
[img] Text (PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI MEDIATING VARIABLE PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALEMBANG)
LAPORAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (895kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Social Media Marketing merupakan upaya untuk lebih memahami dinamika strategi yang efektif pada bisnis modern. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara Social Media Marketing, Customer Retention, dimediasi oleh Customer Engagement pada pengguna e-commerce Shopee di Kota Palembang. Riset ini mengeksplorasi pemasaran melalui media sosial berperan dalam menjaga kelangsungan pelanggan Shopee, keterlibatan pelanggan menjadi elemen kunci dalam kaitan antara strategi pemasaran melalui media sosial dan retensi pelanggan. Metode riset diimplementasikan melalui pendekatan kuantitatif menggunakan survei sebagai desain penelitiannya.Unit analisis penelitian adalah pengguna e-commerce Shopee di Kota Palembang dengan jumlah responden sebanyak 130 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan SEM-PLS untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil temuan Social Media Marketing terbukti tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Customer Retention tetapi Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap Customer Engagement dan hubungan Customer Engagement terhadap Customer Retention. Hasil dari uji mediasi menyatakan bahwa Customer Engagement berhasil memediasi hubungan antara Social Media Marketing terhadap Customer Retention dengan pengaruh mediasi tergolong rendah. Perusahaan e�commerce perlu memperkuat kehadiran dan aktivitasnya di platform media sosial. Manajemen Shopee bisa mempertimbangkan peningkatan aktifitas mereka dengan berbagi konten menarik, menggelar promosi, atau melaksanakan kampanye khusus di media sosial tersebut agar dapat meningkatkan interaksi pengguna. Selain itu, perusahaan harus merenungkan strategi yang lebih efisien untuk mendorong keterlibatan aktif pengguna di media sosial mereka. Diperlukan penyempurnaan dan peningkatan dalam strategi media sosial ini, yang dapat meliputi identifikasi alasan di balik kurangnya aktivitas pengguna, meningkatkan kualitas konten yang relevan dan menarik, serta mengadopsi strategi yang lebih kuat dalam membangun interaksi pengguna dan meningkatkan kehadiran merek di platform media sosial.. Implikasi riset ini juga mendorong pengembangan tim pemasaran untuk meningkatkan efektivitas kinerja mereka dan mengadopsi pendekatan pengambilan keputusan berbasis data dalam strategi pemasaran ke depan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing; Customer Retention; Customer Engagement
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:39
Last Modified: 28 Aug 2024 07:39
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7814

Actions (login required)

View Item View Item