ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA MATERI TEKS HIKAYAT PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG

Ayurizky, Fisca Dinda (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA MATERI TEKS HIKAYAT PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (724kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (451kB)
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA MATERI TEKS HIKAYAT PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 PALEMBANG)
LAPORAN HASIL-compressed (6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (870kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan metode bercerita dalam materi teks hikayat dapat memotivasi serta memberi kesempatan untuk mengungkapkan pikiran maupun pendapat dalam bentuk lisan ketika praktik bercerita kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara dengan melalui metode bercerita pada teks hikayat peserta didik kelas X TJKT 1 SMK 1 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator penilaian kemampuan berbicara pada peserta didik kelas X TJKT 1 SMK 1 Palembang diantaranya adalah indikator struktur kalimat mendapat nilai tertinggi dengan presentase 20 %. Indikator penilaian kemampuan yang rendah pada kemampuan berbicara peserta didik kelas X TJKT 1 adalah indikator penampilan. Adapun persebaran kemampuan berbicara yang ditemukan pada indikator penampilan penilaian sebesar 7%. Indikator pelafalan sebesar 18%, indikator parabahasa 19%, dan indikator isi cerita sebesar 17%. Faktor utama penyebab ketidakmampuan berbicara pada peserta didik kelas X TJKT 1 di SMK Negeri 1 Palembang adalah faktor kurang percaya diri. Peserta didik yang kurang percaya diri ketika melakukan tes kemampuan berbicara akan terlihat gugup, tidak tetang, gelisah, sehingga menimbulkan ekspresi yang datar atau tidak sesuai dengan cerita yang dibawakan. Rasa percaya diri dalam pembelajaran keterampilan berbicara mencangkup sikap berbicara, dan keberanian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Bercerita, Hikayat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:28
Last Modified: 14 Oct 2024 07:28
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8016

Actions (login required)

View Item View Item