ANALISIS USER INTERFACE PADA WEBSITE E-LEARNING2 BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK

RAIHAN, MOHAMMAD (2024) ANALISIS USER INTERFACE PADA WEBSITE E-LEARNING2 BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK. Other thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text (BAB 0)
0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (1)
1.pdf

Download (376kB)
[img] Text (DP)
DP.pdf

Download (390kB)
[img] Text (ANALISIS USER INTERFACE PADA WEBSITE E-LEARNING2 BINA DARMA MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK)
LH_11zon (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (L)
L.pdf

Download (961kB)
[img] Text (A)
A.pdf

Download (809kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis antarmuka pengguna (user interface) website e-learning2 Universitas Bina Darma menggunakan metode evaluasi heuristik. Evaluasi heuristik merupakan salah satu pendekatan penilaian kegunaan (usability) yang dapat mengidentifikasi masalah-masalah pada antarmuka pengguna berdasarkan prinsip-prinsip desain interaksi. Dalam penelitian ini, akan dilakukan observasi dan evaluasi mendalam terhadap komponen-komponen antarmuka pengguna website e-learning2, meliputi elemen visual, tata letak, navigasi, interaksi, dan fitur-fitur yang tersedia. Evaluasi akan berpedoman pada 10 prinsip heuristik yang dikemukakan oleh Jakob Nielsen, yaitu: 1) Visibilitas status sistem, 2) Kesesuaian antara sistem dan dunia nyata, 3) Kontrol dan kebebasan pengguna, 4) Konsistensi dan standar, 5) Pencegahan kesalahan, 6) Pengenalan daripada pengingatan, 7) Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan, 8) Desain estetika dan minimalis, 9) Membantu pengguna mengenali, mendiagnosis, dan memulihkan dari kesalahan, serta 10) Bantuan dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa variabel "Consistency and standards" memperoleh skor rata-rata tertinggi sebesar 3,39, yang menunjukkan bahwa konsistensi dan standar pada antarmuka pengguna dinilai cukup baik. Namun, variabel "Help users recognize, diagnose, and recover from errors" memiliki skor rata-rata terendah sebesar 2,70, yang menunjukkan bahwa sistem masih kurang dalam membantu pengguna mengenali, mendiagnosis, dan memperbaiki kesalahan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat mengidentifikasi permasalahan-permasalahan pada antarmuka pengguna website e-learning2 Universitas Bina Darma dan memberikan rekomendasi perbaikan yang komprehensif untuk meningkatkan kegunaan (usability) dan pengalaman pengguna (user experience). Hal ini penting dilakukan untuk memastikan website e�learning2 dapat memberikan pengalaman optimal bagi mahasiswa, dosen, dan pemangku kepentingan lainnya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: user interface, evaluasi heuristik, e-learning2, Universitas Bina Darma, usability, user experience
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 30 Nov 2024 04:48
Last Modified: 30 Nov 2024 04:48
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8504

Actions (login required)

View Item View Item