Peran Komunikasi Non Verbal Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SD Plus Ditawijaya Palembang

Kesumawati, Shakira Atesya (2024) Peran Komunikasi Non Verbal Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SD Plus Ditawijaya Palembang. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL_compressed (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)

Abstract

Keterbatasan yang dialami peserta didik berkebutuhan khusus seringkali menghadapi tantangan dalam mengungkapkan diri dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar sehingga mendorong untuk membentuk peran komunikasi yang tepat agar mampu membangun dan mengembangkan komunikasi peserta didik inklusi, salah satunya dengan komunikasi nonverbal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi nonverbal guru dengan peserta didik inklusi SD Plus Ditawijaya Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran komunikasi nonverbal yang muncul dan berpengaruh pada proses pembelajaran dimulai dari ekspresi wajah, kontak mata, gerak tubuh, isyarat tangan, dan haptika sesuai dengan kebutuhan peserta didik tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Berkebutuhan Khusus, Peran Komunikasi, Komunikasi Nonverbal, Peserta Didik Inklusi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Humanities
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:45
Last Modified: 24 Jan 2025 02:45
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item