ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI WEBSITE TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)

BAIDURI, INTAN (2025) ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI WEBSITE TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN DI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (768kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (873kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi mendorong lembaga publik untuk menerapkan transformasi digital demi meningkatkan mutu layanan. Sebagai bagian dari upaya modernisasi, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan telah mengembangkan sistem informasi berbasis website. Namun, efektivitas website Tidak hanya ditentukan oleh fitur yang tersedia, tetapi juga oleh pengalaman pengguna. Website transformasi layanan digital merupakan website yang digunakan staf yang bekerja di SMA. SMK, dan SLB Provinsi Sumatera Selatan salah satunya untuk mengajukan kenaikan pangkat sehingga tidak perlu datang langsung ke Dinas Pendidikan. Penelitian ini menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) adalah metode evaluasi untuk mengukur user experience dengan menggunakan kuesioner. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) menyediakan pendekatan sistematis dalam mengukur pengalaman pengguna berdasarkan berbagai variabel, seperti Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation dan Novelty. Analisis UEQ memberikan pemahaman mendalam mengenai interaksi pengguna dengan aplikasi transformasi layanan digital serta aspek-aspek pengalaman pengguna yang dapat ditingkatkan. Dari enam skala penilaian UEQ, penelitian ini menemukan bahwa enam skala Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation dan Novelty memperoleh hasil "Bad." Hasil temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi transformasi layanan digital memiliki tolok ukur yang kurang maksimal. Secara keseluruhan, analisis User Experience (UX) mengindikasikan bahwa pengguna merasa kurang puas saat menggunakan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: User Experience Questionnaire (UEQ), Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, Novelty
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 26 May 2025 06:14
Last Modified: 26 May 2025 06:14
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9022

Actions (login required)

View Item View Item