KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) C KELAS 1 KARYA IBU PALEMBANG

Latifah, Kurnia Intan (2025) KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK ATTENTION DEFICIT AND HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) C KELAS 1 KARYA IBU PALEMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (872kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (353kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (313kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi verbal dan nonverbal orang tua dalam perkembangan sosial anak Attention Deficit And Hyperactivity Disorder (ADHD). Fokus penelitian ini adalah memahami bagaimana orang tua menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal dalam mendukung proses sosialisasi anak ADHD serta bagaimana makna yang terbentuk melalui interaksi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori interaksi simbolik yang menekankan bahwa makna dan pemahaman sosial anak berkembang melalui proses interaksi berkelanjutan antara anak dan lingkungan sosialnya, khususnya orang tua. Lokasi penelitian ini adalah SLB C Karya Ibu Palembang. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap 7 informan yang terdiri dari 6 orang tua dan 1 guru di SLB C Karya Ibu Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua menggunakan kombinasi komunikasi verbal seperti arahan sederhana, dan komunikasi nonverbal seperti sentuhan, ekspresi wajah, serta gerakan tubuh untuk membantu membimbing anak dalam memahami norma dan aturan sosial. Pola komunikasi yang terjalin antara orang tua dan anak tidak hanya berfungsi sebagai sarana menyampaikan pesan, tetapi juga membentuk anak menginterpretasikan perilaku sosial di lingkunganya. Peran aktif orang tua dan guru melalui komunikasi yang konsisten berkontribusi pada perkembangan sosial anak ADHD, meski dihadapkan dengan tantangan karakteristik yang unik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi verbal dan nonverbal, orang tua, anak ADHD, perkembangan sosial, interaksi simbolik.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 17 Jun 2025 06:31
Last Modified: 17 Jun 2025 06:31
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9087

Actions (login required)

View Item View Item