FAJRI, FARHAN (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) VERONIKA SEBAGAI CUSTOMERSERVICE MY TELKOMSEL (STUDI KASUS PELANGGAN TELKOMSEL DI BENGKULU). Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.
![]() |
Text (BAB 0)
BAB 0.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
L.pdf Download (751kB) |
Abstract
Komunikasi berkembang mengikuti era dari zaman ke zaman. Teknologi berubahubah setiap periode nya dengan apa yang terjadi atau apa yang berkembang pada zaman itu. Inovasi demi inovasi yang terjadi pada zaman tersebut sangat mempengaruhi teknologi. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan adalah Artificial Intelligence (AI). Dengan penelitian mengenai Artificial Intelligence (AI) Veronika sebagai customer service My Telkomsel dengan hasil menunjukkan bahwa implementasi Artificial Intelligence (AI) Veronika oleh Telkomsel telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap strategi komunikasi bisnis perusahaan. Veronika berhasil meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 40%, mempercepat respons terhadap kebutuhan pelanggan, dan mengurangi beban operasional call center. Pelanggan dapat mengakses layanan ini dengan mudah melalui berbagai platform digital seperti aplikasi My Telkomsel dan WhatsApp, yang memberikan kenyamanan dan fleksibilitas. Selain itu, adaptasi teknologi global ke dalam konteks lokal melalui Veronika berhasil menciptakan layanan yang relevan bagi pelanggan Indonesia. Transformasi ini mendukung perubahan sosial dan perilaku pelanggan, sebagaimana dijelaskan dalam teori Technological Determinism. Meskipun demikian, tantangan masih ada dalam hal personalisasi layanan dan pemahaman konteks percakapan yang kompleks, yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, Artificial Intelligence (AI), Teknologi |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Miss Marina Ina |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 05:53 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 05:53 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |