ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) VERONIKA SEBAGAI CUSTOMERSERVICE MY TELKOMSEL (STUDI KASUS PELANGGAN TELKOMSEL DI BENGKULU)

FAJRI, FARHAN (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) VERONIKA SEBAGAI CUSTOMERSERVICE MY TELKOMSEL (STUDI KASUS PELANGGAN TELKOMSEL DI BENGKULU). Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (751kB)

Abstract

Komunikasi berkembang mengikuti era dari zaman ke zaman. Teknologi berubahubah setiap periode nya dengan apa yang terjadi atau apa yang berkembang pada zaman itu. Inovasi demi inovasi yang terjadi pada zaman tersebut sangat mempengaruhi teknologi. Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, salah satu teknologi yang saat ini banyak digunakan adalah Artificial Intelligence (AI). Dengan penelitian mengenai Artificial Intelligence (AI) Veronika sebagai customer service My Telkomsel dengan hasil menunjukkan bahwa implementasi Artificial Intelligence (AI) Veronika oleh Telkomsel telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap strategi komunikasi bisnis perusahaan. Veronika berhasil meningkatkan efisiensi layanan pelanggan hingga 40%, mempercepat respons terhadap kebutuhan pelanggan, dan mengurangi beban operasional call center. Pelanggan dapat mengakses layanan ini dengan mudah melalui berbagai platform digital seperti aplikasi My Telkomsel dan WhatsApp, yang memberikan kenyamanan dan fleksibilitas. Selain itu, adaptasi teknologi global ke dalam konteks lokal melalui Veronika berhasil menciptakan layanan yang relevan bagi pelanggan Indonesia. Transformasi ini mendukung perubahan sosial dan perilaku pelanggan, sebagaimana dijelaskan dalam teori Technological Determinism. Meskipun demikian, tantangan masih ada dalam hal personalisasi layanan dan pemahaman konteks percakapan yang kompleks, yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, Artificial Intelligence (AI), Teknologi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 18 Jun 2025 05:53
Last Modified: 18 Jun 2025 05:53
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9099

Actions (login required)

View Item View Item