ANALISIS KUALITAS WEBSITE JIKN DALAM SIMPUL JARINGAN DI DINAS KEARSIPAN PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Diantika, Diantika (2023) ANALISIS KUALITAS WEBSITE JIKN DALAM SIMPUL JARINGAN DI DINAS KEARSIPAN PROVINSI SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (665kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DP.pdf

Download (651kB)
[img] Text (LAPORAN HASIL)
LH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
L.pdf

Download (704kB)

Abstract

Website jikn.go.id merupakan sistem jaringan informasi dan sarana pelayanan informasi arsip dinamis dan statis secara nasional yang bisa diakses oleh siapa saja yang terhubung dengan internet. Namun selama website diakses terdapat masalah pada kualitas informasi kearsipan yang jarang diupdate karena kurangnya bahan dan data kearsipan. Oleh karena itu website jikn perlu dilakukan evaluasi untuk perbaikan informasi yang disediakan oleh website tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kualitas website jikn di dinas kearsipan provinsi sumatera selatan menggunakan metode webqual 4.0. Webqual 4.0 merupakan metode untuk mengetahui kualitas website berdasarkan presepsi masyarakat atau pengguna. Penelitian ini menggunakan rumus slovin untuk menentukan sampel, terdapat sebanyak 100 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran kualitas dengan menggunakan webqual 4.0 yang terdiri dari kegunaan (Usability), kualitas layanan informasi (Information Quality), kualitas layanan interaksi (Service Interaction Quality) dan kepuasan pengguna (User Satisfaction). Hasil analisis dari pengujian menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa variabel Usability Quality, Information Quality, dan Service Interaction Quality, webasite jikn berkualitas dan dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda uji korelasi, uji T dan uji F dengan hasil analisis data ditemukan bahwa variabel Usability Quality, Information Quality, dan Service Interaction Quality berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: WebQual 4.0, Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, User Satisfaction, SPSS 26
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:19
Last Modified: 30 Jun 2025 02:19
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/9235

Actions (login required)

View Item View Item