Pratama, M. Dahlan (2022) PENGARUH VARIASI CAMPURAN ANTARA BOTTOM ASH DAN FLY ASH SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL ASPAL BETON LAPIS AC-WC. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.
Text (Bab 0)
Bab 0.pdf Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (530kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (332kB) |
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (837kB) |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (Turnitin)
Turnitin.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Aspal ialah bahan pengikat pada campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis permukaan lapis perkerasan lentur. Indonesia dengan kelimpahan hasil alamnya dari pertambangan batubara yang merupakan salah satu material yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam suatu pembangkit listik tenaga uap (PLTU). Dengan melalui proses yang cukup banyak dan panjang pada batubara tersebut di proses pengolahan, menghasilkan dua limbah yaitu limbah yang terbang (fly ash) dan limbah yang mengendap di dasar (bottom ash). Dimana bersamaan dapat mengurangi polusi dari limbah tersebut. Pada penelitian ini penggunaan bottom ash dan fly ash menggantikan filler sebesar 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bottom ash dan fly ash pada aspal. Penelitian ini menggunakan metode Marshall. Sehingga hasil dari penelitian ini ialah : (1) Nilai Stabilitas tertinggi dengan kadar filler 100% Fly Ash sebesar 1340,310 kg dan nilai terendah didapat pada filler 100% Bottom Ash sebesar 1111,047 kg. (2) Nilai Flow yang memenuhi spesifikasi hanya pada kadar filler 100%Fly Ash, 60%F + 40%B, 100%Bottom Ash yang memenuhi persyaratan (3) Nilai VIM yang memenuhi spesifikasi terdapat pada kadar filler (100% Fly Ash, 80% F + 20% B, 60% F + 40% B , 20% F + 80% B, 100% Bottom Ash) (4) Nilai VMA telah memenuhi spesifikasi semua, nilai tertinggi dengan kadar filler 100% Fly Ash dengan nilai 16.958% dan nilai terendah didapat pada filler 80%B + 20%B dan 20%F + 80%B dengan nilai 16,503%. (5) Nilai VFA telah memenuhi spesifikasi semua, nilai tertinggi dengan kadar filler 80%B + 20% B dan 20%F + 20%B dengan nilai 84,730% dan nilai terendah didapat pada filler 100% Bottom Ash dengan nilai 83,717%. (6) Nilai Marshall Quotient telah memenuhi spesifikasi semua, nilai tertinggi dengan kadar filler 100% Fly Ash dengan nilai 321,689 Kg/mm dan nilai terendah didapat pada filler 100% Bottom Ash dengan nilai 267.560 Kg/mm. Kata Kunci : Bottom Ash, Fly Ash, Aspal, Filler
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment |
Depositing User: | Mr Irfan Irfan |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 08:04 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 08:04 |
URI: | http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7119 |
Actions (login required)
View Item |