IMPLEMENTASI ALGORITMA MONTE CARLO UNTUK MEMPREDIKSI PERMINTAAN AKSESORIS MOBIL PADA TOKO ADS VARIASI DAN AC MOBIL

FAISAL, MUHAMMAD (2023) IMPLEMENTASI ALGORITMA MONTE CARLO UNTUK MEMPREDIKSI PERMINTAAN AKSESORIS MOBIL PADA TOKO ADS VARIASI DAN AC MOBIL. Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (965kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text (IMPLEMENTASI ALGORITMA MONTE CARLO UNTUK MEMPREDIKSI PERMINTAAN AKSESORIS MOBIL PADA TOKO ADS VARIASI DAN AC MOBIL)
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Upload Daftar Pustaka_compressed.pdf

Download (87kB)
[img] Text (Artikel Jurnal)
Artikel jurnal & LOA_compressed.pdf

Download (733kB)

Abstract

Toko ADS Variasi dan AC Mobil merupakan toko yang bergerak dalam penjualan aksesoris mobil, melakukan reparasi dan penggantian sparepart AC Mobil di Kota Palembang, Toko ADS Variasi dan AC Mobil menghadapi tantangan dalam memprediksi permintaan aksesoris mobil yang tepat untuk dijual agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan stok barang. Sehingga diperlukan suatu metode yang dapat diimpelentasikan ke dalam sistem persediaan dan catatan penjualan dan pembelian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Algoritma Monte Carlo yang akan menghasilkan prediksi permintaan aksesoris mobil dengan mempertimbangkan variasi faktor-faktor yang memengaruhi permintaan, dengan mengambil data historis penjualan aksesoris mobil dari periode yang relevan, kemudian melakukan simulasi Monte Carlo dengan menggunakan data tersebut sebagai input. Simulasi akan diulang sebanyak yang dibutuhkan dan memberikan hasil berupa distribusi probabilitas permintaan aksesoris mobil yang mungkin terjadi. Dengan mengambil nilai rata-rata dari distribusi probabilitas tersebut, maka prediksi permintaan yang akurat dapat dihasilkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prediksi permintaan aksesoris mobil yang lebih akurat dan berdasarkan data historis yang terkini, sehingga toko dapat menentukan jumlah stok barang yang tepat dan menghindari kelebihan atau kekurangan stok. Selain itu, dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan, toko dapat merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan keuntungan toko.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:56
Last Modified: 13 Jun 2024 03:56
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7392

Actions (login required)

View Item View Item