Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

MARSOLINA, DILA (2023) Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Diploma thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (606kB)
[img] Text (Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS))
Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
[img] Text (Artikel jurnal)
Artikel jurnal & LOA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maxim hadir sebagai inovasi baru dan sebagai pesaing di dunia transportasi online. Namun aplikasi ini belum sepenuhnya memberikan kepuasan layanan kepada mitra driver. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan driver terhadap aplikasi Maxim menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Masalah yang dihadapi adalah tingginya tingkat keluhan driver terhadap aplikasi Maxim yang berpotensi menurunkan kualitas pelayanan transportasi online. Hal ini mengindikasikan adanya ketidakpuasan pengguna terhadap fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Maxim. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kepuasan driver terhadap aplikasi Maxim untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Metode EUCS digunakan untuk mengukur kepuasan driver terhadap aplikasi Maxim dengan menggunakan 5 variabel yaitu content(X1), Accuracy(X2), Format(X3), Ease of use(X4) dan Timelines(X5). Agar tingkat kepuasan(Y) dari pengguna aplikasi maxim lebih terukur, sehingga menghasilkan masukan untuk pengembang sistemdan pihak pengembang. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 100 driver di wilayah Kota Palembang secara random sampling. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kepuasan driver terhadap aplikasi Maxim berada pada level yang cukup baik, dengan nilai rata-rata kepuasan sebesar 3.67 dari skala 5. Dengan nilai tersebut, maka perusahaan perlu meningkatkan pengembangan fitur-fitur yang berkaitan dengan pengguna aplikasi Maxim. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas layanan aplikasi Maxim, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan penggunanya. Sehingga kedepannya pihak perusahaan Maxim sendiri mau bersaing dengan sesama pengusaha jasa transportasi online dalam melayani pengguna jasa yang ditawarkan. Kata Kunci: Kepuasan; End User Computing (EUSC); Aplikasi Maxim; Driver; Transportasi Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:45
Last Modified: 15 Jul 2024 06:45
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7622

Actions (login required)

View Item View Item