PENGARUH EFIKASI DIRI YANG DI MEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA

AULIA, TITIAN NUR (2023) PENGARUH EFIKASI DIRI YANG DI MEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (793kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text (PENGARUH EFIKASI DIRI YANG DI MEDIASI OLEH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR TERHADAP KUALITAS LAYANAN PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA)
LAPORAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (594kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh hubungan antara efikasi diri terhadap kualitas layanan dan menguji peran Organizational citizenship behavior sebagai mediator antara efikasi diri dan kualitas layanan di perguruan tinggi swasta. penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan melakukan survei dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta. Teknik pengambilan sampel adalah non random sampling dan menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 85 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan SEM-PLS untuk menguji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap OCB dan kualitas layanan dan OCB berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas layanan. Hasil dari mediasi menyatakan bahwa OCB berpengarh positif tetapi tidak signifikan. Perguruan tinggi perlu mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan kualitas layanan yaitu efikasi diri dan perilaku kewargaan organisasi. sehingga kontribusi mereka dapat dilihat dalam meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan. Evaluasi berkala terhadap kualitas layanan dan peningkatan dukungan dan sumber daya bagi dosen juga penting untuk diketahui dan perguruan tinggi perlu fokus pada pengembangan efikasi diri dosen melalui program pelatihan dan pengembangan yang tepat. Dukungan dan fasilitas yang memadai harus disediakan untuk meningkatkan efikasi diri dosen dan manajemen harus mendorong partisipasi aktif dosen dalam OCB, seperti berkolaborasi dengan sesama dosen, memberikan dukungan kepada mahasiswa, dan berkontribusi pada pengembangan kurikulum perguruan tinggi dan program akademik sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa dan pihak terkait lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Organizational citizenship behavior, Kualitas layanan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:02
Last Modified: 04 Sep 2024 07:02
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7861

Actions (login required)

View Item View Item