PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN BETON SEBAGAI PENGGANTI AGEREGAT KASAR PADA PERKERASAN ASPHALT CONCRETE – WEARING COURSE (AC – WC)

AFRINDO, GAGA (2023) PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN BETON SEBAGAI PENGGANTI AGEREGAT KASAR PADA PERKERASAN ASPHALT CONCRETE – WEARING COURSE (AC – WC). Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text (PEMANFAATAN LIMBAH PECAHAN BETON SEBAGAI PENGGANTI AGEREGAT KASAR PADA PERKERASAN ASPHALT CONCRETE – WEARING COURSE (AC – WC))
LAPORAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (609kB)

Abstract

Dalam pembuatan campuran beraspal membutuhkan agregat dalam jumlah banyak. Karena dalam struktur perkerasan 90 – 95% terdiri dari agregat. Salah satu material yang banyak digunakan adalah kerikil atau agregat kasar. Meningkatnya pembangunan infrastruktur seperti gedung, jembatan, dan berbagai fasiltas publik lainnya yang banyak menggunakan bahan beton dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat limbah beton yang tidak dilakukan penanganan dengan serius. Untuk membatasi penggunaan agregat baru (fresh aggregate) dari alam ini sudah banyak dikembangkan teknologi daur ulang untuk perkerasan jalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh limbah beton sebagai pengganti agregat kasar pada campuran laston (AC – WC) untuk perkerasan jalan raya terhadap nilai karakteristik marshall. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pengujian marshall dengan percobaan serta perbandingan sesuai dengan kadar variasi limbah beton sebagai pengganti agregat kasar 0% 25% 50% 75% dan 100% dan variasi 6% sesuai Spesifikasi Bina Marga Revisi II (2018). Kemudian dilakukan pengujian terhadap benda uji tersebut dengan metode masrshall test sehingga didapat hasil karakterisktik Masrshall pada campuran tersebut. Hasil yang didapat dari pengujian ini dihasilkan pengaruh nilai karakteristik masrshall dengan kadar aspal optimum 6% menggunakan limbah beton optimum 25% yang berpengaruh baik terhadap nilai karakteristik masrshall.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lapisan Perkerasan asphalt concrete – wearing course, Limbah Beton Karakteristik Marshall, Gradasi Kasar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:33
Last Modified: 11 Sep 2024 04:33
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/7930

Actions (login required)

View Item View Item