PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNG SELAPAN SUMATERA SELATAN

Pratiwi, Regi (2023) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNG SELAPAN SUMATERA SELATAN. Other thesis, UNIVERSITAS BINA DARMA.

[img] Text (BAB 0)
BAB 0.pdf

Download (950kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (529kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text (PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNG SELAPAN SUMATERA SELATAN)
LAPORAN HASIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (871kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf

Download (871kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan efek minat membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tulung Selapan berdasarkan persepsi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer, yang diperoleh langsung dari sumbernya dalam bentuk jawaban responden. Sumber data terdiri dari persepsi siswa mengenai minat membaca mereka dan dampaknya terhadap kemampuan mereka untuk menulis teks eksposisi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tulung Selapan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel untuk penelitian ini adalah 60 siswa kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Tulung Selapan. Teknik yang digunakan adalah dengan mendistribusikan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Analisis data dalam penelitian termasuk pengujian validitas, uji reliabilitas, pengujian asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan model analisis regresi sederhana. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh minat membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi di kelas X SMA Negeri 1 Tulung Selapan, Sumatra Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t yang dihitung sebesar 4,460 > nilai t tabel sebesar 2,000 dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Miss Marina Ina
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:28
Last Modified: 14 Oct 2024 07:28
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8019

Actions (login required)

View Item View Item