MODEL INTEGRASI PREFERENSI MODA TRANSPORTASI PUBLIK : STUDI KASUS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) KOTA PALEMBANG

PRIMA PUTRA, ALDIKA (2024) MODEL INTEGRASI PREFERENSI MODA TRANSPORTASI PUBLIK : STUDI KASUS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
laporan hasil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (432kB)
[img] Text
artikel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Dominasi penggunaan kendaraan pribadi di Indonesia menimbulkan permasalahan yang terkait keberlanjutan. Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah menyiapkan transportasi masal berbasis rel salah satunya Light Rail Transit (LRT) di Palembang. Perilaku pemilihan moda transportasi dipengaruhi oleh multifaktor. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi demografi penumpang LRT Palembang, mengidentifikasi faktor – faktor atau variabel utama dan indikator yang melatarbelakangi penumpang LRT, dan mengukur hubungan antara faktor – faktor atau variabel utama yang melatarbelakangi penumpang LRT. Model integrasi preferensi moda transportasi publik dalam hal ini LRT Palembang dikembangkan dengan Kuadrat Terkecil Parsial Pemodelan Persamaan Struktural (PLS-SEM) dan dianalisis menggunakan perangkat lunak Smart PLS. Kerangka teori yang digunakan merupakan Teori Perilaku Terencana (TPB), Teori Kepuasan Pelanggan, dan Variabel Kebijakan Manajemen Transportasi. Hasil analisis menunjukkan sebagian besar penumpang LRT Palembang adalah generasi muda, dengan kelompok usia 10 – 25 tahun mendominasi sebesar 70,7%. Penumpang juga didominasi perempuan sebesar 76,7%. Segmentasi profesi penumpang LRT Palembang mayoritas adalah pelajar (42,0%) dan karyawan (40,7%). Penumpang sebagian besar memiliki kendaraan pribadi (92,0%). Dari 16 hipotesis hubungan antar variabel laten, 11 hipotesis diterima (positif signifikan) dan 5 hipotesis ditolak (positif tidak signifikan).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: light rail transit (LRT), transportasi publik, pemilihan moda, teori perilaku terencana, teori kepuasan pelanggan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Miss Dewi Kartikasari
Date Deposited: 08 Nov 2024 02:20
Last Modified: 08 Nov 2024 02:20
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item