PENGARUH ART THERAPY COLORING TERHADAP STRES PADA ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG

NIKEN KHAIRA, UMAMI and Mutia, Mawardah (2019) PENGARUH ART THERAPY COLORING TERHADAP STRES PADA ANAK DIDIK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS I PALEMBANG. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
Niken Bab 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Niken Bab 1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Niken Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh art therapy coloring terhadap stres pada anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 11 anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang, yang digabungkan ke dalam satu kelompok, yaitu kelompok eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan randomized one group design pretest posttest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengukur stres anak didik digunakan skala baku PSS-14 (Perceived Stress Scale-14) yang terdiri dari 14 pertanyaan tentang perasaan dan kondisi yang dirasakan. Pretest kelompok eksperimen, partisipan hanya diberikan skala PSS-14 sama dengan ketika dilakukannya posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik paired t-test, dari hasil analisis data diperoleh pengaruh yang sangat signifikan art therapy coloring terhadap stres dengan nilai  = 0,001 ( < 0,05 dan  < 0,01) dan nilai t = 4,913. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa art therapy coloring berpengaruh terhadap stres pada anak didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 03:53
Last Modified: 08 Nov 2019 03:53
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item