KAJIAN KINERJA OPERASIONAL LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) KORIDOR BANDARA SMB II – DJKA

AGNESIA AYU, MELINDA and Farlin, Rosyad (2019) KAJIAN KINERJA OPERASIONAL LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) KORIDOR BANDARA SMB II – DJKA. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DP.pdf

Download (132kB)

Abstract

Light Rail Transit (LRT) adalah transportasi massal Kereta Api Ringan panjang rute 23,4 km, pertama kali dibangun di Palembang, Sumatera Selatan, diresmikan pada 15 Juli 2018 dan beroperasi tanggal 1 Agustus 2018 oleh PT. KAI Divre III (Persero) yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Stasiun DJKA (Ditjen Kereta Api). LRT difungsikan sebagai solusi prediksi peningkatan kepadatan lalu lintas Kota Palembang dan mobilitas penonton dan atlet pada Asian Games 2018. Kinerja operasional LRT ditinjau dari waktu henti, waktu tempuh, waktu tunda, load factor dan kapasitas lintas. Hal ini juga diperlukan dalam meninjau fasilitas layanan penumpang untuk mencari tingkat kepuasan penumpang. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan survey lokasi berdasarkan Jadwal Perjalanan LRT dan untuk mengetahui kepuasan penumpang menggunakan kuesioner dengan metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Customer-Satisfaction Index (CSI). Hasil dari analisis uji hipotesis 1 tail t-test bahwa waktu tempuh aktual LRT terlama dari St. Bandara SMB II yaitu 66 menit 43 detik P.36 dan dari St. DJKA 63 menit 21 detik P.31 pada hari kerja, waktu henti terbesar yaitu 4 menit 40 detik di St.Jakabaring P.36 dari St. Bandara SMB II-DJKA dan waktu henti di St. DJKA dan St.Bandara SMB II terbesar yaitu 14 menit 34 detik P.31 arah Bandara SMB II dan waktu henti terkecil 7 menit 51 detik P.47 di St. DJKA, waktu tunda kedatangan arah DJKA 100 detik dan waktu tunda keberangkatan 61 detik. Waktu tunda kedatangan LRT arah Bandara SMB II selama 4 menit 42 detik dan waktu tunda keberangkatan 3 menit 1 detik. Load Factor terbesar di St. Bandara SMB II sebesar 222%. Kapasitas lintas pada St. Bandara SMB II-DJKA yaitu 6 KA/hari dengan tingkat kesesuaian kepuasan/kinerja penumpang 86,34 % dan nilai rata-rata kepuasan/kinerja penumpang LRT sebesar 74 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mrs Octaviana T
Date Deposited: 15 Nov 2019 03:19
Last Modified: 15 Nov 2019 03:19
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item