ANALISA KENYAMANAN PEMYEBERANGAN JALAN DI RUAS JENDRAL SUDIRMAN PASCA PEMBUAT JALUR LRT

MUHAMMAD ISMAIL SAHRIZA, FAHLEVI and Farlin, Rosyad (2019) ANALISA KENYAMANAN PEMYEBERANGAN JALAN DI RUAS JENDRAL SUDIRMAN PASCA PEMBUAT JALUR LRT. Diploma thesis, Universitas Bina Darma.

[img] Text
BAB 0.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB V DP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak penyeberang pejalan kaki yang tidak menggunakan jembatan penyeberangan dan lebih memilih untuk menyeberang ke ruas jalan pada jalan Jendral Sudirman, meskipun pada jalan tersebut telah ada fasilitas jembatan penyeberangan. Kondisi ini tentu menarik untuk di kaji bagaimana perbandingan penyeberang melalui jembatan dengan melalui jalan. Khusus penyeberang jalan apakah mempunyai pengaruh terhadap arus lalu lintas atau tidak. Bila terjadi pengaruh, seberapa besar pengaruh tersebut. Observasi/Survey awal dengan melakukan penghitungan arus lalu lintas harian selama 40 jam menggunakan metode pencacahan manual, serta metode visual. Selanjutnya dari survey lalu lintas harian diketahui waktu puncak yaitu puncak pagi (06.00 – 09.00) Puncak Siang (11.00 –13.00) dan puncak sore (14.30 – 17.30). Pada masing-masing waktu puncak kemudian dikaji perbandingan perilaku penyeberang melalui jembatan dengan melalui jalan. Khusus untuk perilaku penyeberang melalui jalan akan diteliti pengaruhnya terhadap jumlah lama kendaraan tertahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada waktu pagi hari perilaku penyeberang melalui ruas jalan lebih banyak dari pada melalui jembatan. Hal ini menunjukkan pada pagi hari fasilitas jembatan penyeberangan tidak efektif. Dan pada waktu siang hari perilaku penyeberang melalui ruas jalan lebih banyak dari pada melalui jembatan. Hal ini menunjukan pada siang hari fasilitas jembatan penyeberangan tidak efektif. Sedangkan pada waktu sore hari perilaku penyeberang melalui jembatan lebih sedikit dari pada melalui jalan. Hal ini menunjukkan pada sore hari fasilitas jembatan penyeberangan tidak efektif. Pada puncak pagi rata-rata penyeberang jalan mampu menahan 1 kendaraan selama 1.56 detik dan puncak siang mampu menahan 1 kendaraan selama 1.17 detik sedangkan puncak sore mampu menahan 1 kendaraan selam 1.58 detik. Hal ini menunjukkan penyeberang melalui jalan mampu mempengaruhi kelancaran lalu lintas pada jalan Jendral Sudirman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Penyeberang, LRT, Kenyamanan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Mrs Octaviana T
Date Deposited: 19 Nov 2019 02:31
Last Modified: 19 Nov 2019 02:31
URI: http://repository.binadarma.ac.id/id/eprint/458

Actions (login required)

View Item View Item